Hasil Aman Demi Posisi, Barcelona 6 vs Eibar 1

Prediksi Awal Sebelum Laga Barcelona vs Eibar

Demi mempertahankan posisi aman di puncak klasemen Liga Primera Spanyol (La Liga), Barcelona wajib meraih hasil kemenangan ketika menghadapi Eibar di Camp Nou, Rabu (20/9) dini hari WIB.

Barca mengawali musim kompetisi 2017-2018 dengan hasil cemerlang. Lionel Messi dan kawan-kawan menyapu bersih kemenangan dalam empat jornada pertama La Liga. Los Armeros bukanlah lawan sulit. Pasalnya, La Blaugrana memenangi enam pertemuan terakhir melawan Eibar.

Selain itu, hasil Los Armeros tak pernah menang di Camp Nou sejak promosi ke La Liga pada 2014. Anak-anak asuhan Jose Luis Mendilibar diprediksi bakal kesulitan meredam raksasa Catalan tersebut.

Pelatih Barca Ernesto Valverde dipastikan kehilangan winger barunya, Ousmane Dembele. Juga absen lantaran cedera, Arda Turan dan Rafinha.

Tempat Dembele akan diambil alih Gerard Deulofeu. Valverde tetap mengusung skema 4-3-3. Di lini tengah, dia akan memberikan kesempatan Paulinho demi menjadi starter.

Gelandang yang dibeli dari Guangzhou Evergrande itu menyumbang hasil gol kemenangan saat mengatasi Getafe, akhir pekan lalu.

Pemain Kunci

“Penting untuk kembali menang demi menambah hasil kepercayaan diri. Jalan ke depan bakal makin terjal,” ujar Valverde. Messi sekali lagi akan menjadi pemain kunci Los Cules. Dia diyakini bisa membobol gawang Los Armeros.

Di kubu Eibar, Mendilibar menuju markas Los Azulgrana dengan kaki pincang. Dia tak bisa menampilkan sejumlah pemain pilar seperti Ivan Peralta, Fran Rico, Yoel Rodrugiez, dan Pedro Leon karena hasil gangguan cedera.

Mendilibar bakal memainkan formasi 4-4-2. Sergi Enrich dan Kike diandalkan sebagai tukang gedor. Mendilibar dihadapkan pada dua pilihan, mengimbangi agresivitas Barca atau bermain aman defensif. Pilihan yang kedua lebih masuk akal, karena secara hasil kualitas tim tamu berada jauh di bawah.

“Kami tidak gentar, tetapi melawan Barca selalu sulit. Mereka sangat tangguh dan terorganisasi,” tutur Mendilibar.

Taklukan Eibar, Barcelona Puncaki Klasemen

Lionel Messi mencetak empat gol saat Barcelona bertemu Eibar dalam lanjutan La Liga. Empat gol hasil dari Messi itu membantu Barca menang telak dengan hasil skor aman 6 – 1.

Pada pertandingan di Camp Nou, Rabu (20/9/2017) dinihari WIB, Messi mencetak gol pada menit ke-20, 59, 62, dan 87. Dua gol Barca lainnya dicetak oleh Paulinho pada menit ke-38 dan Denis Suarez pada menit ke-53. Satu-satunya hasil gol balasan Eibar tercatat atas nama Sergi Enrich pada menit ke-57.

Berkat hasil kemenangan ini, Barca masih sempurna di La Liga pada musim ini. Blaugrana selalu menang dalam lima pertandingan awal dan kini memuncaki klasemen dengan hasil 15 poin. Mereka unggul lima poin atas Sevilla yang berada di posisi kedua, tapi Sevilla baru main empat kali. Adapun Eibar berada di posisi ke-13 dengan 6 poin.

Barca tampil tanpa Luis Suarez, yang diistirahatkan, pada laga ini. Sementara itu, Ousmane Dembele absen lama akibat cedera parah. Tanpa dua pemain itu, posisi lini depan Barca diisi oleh Messi, Denis Suarez, dan Gerard Deulofeu.

Meski tidak full team, Barca masih terlalu tangguh untuk Eibar. Pada babak pertama, tim tuan rumah unggul 2-0 melalui hasil penalti Messi dan sundulan Paulinho.

Memaski paruh kedua, Barca mencetak empat gol tambahan. Messi tiga kali merobek gawang Eibar, sementara satu gol lainnya disumbangkan Denis Suarez. Adapun gol Eibar lewat Enrich akhirnya hanya menjadi gol hiburan untuk tim tamu.

Susunan Pemain: Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Pique, Mascherano, Digne, Paulinho, Busquets (Rakitic 65'), Iniesta (Sergi Roberto 63'), Deulofeu (Vidal 75'), Denis Suarez, Messi. Eibar: Dmitrovic; Arbilla, Oliveira, Galvez, Junca, Dani Garcia (Rivera 77'), Escalante, Jordan, Capa (Pena 65'), Inui, Enrich (Charles 72')
Susunan Pemain: Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Pique, Mascherano, Digne, Paulinho, Busquets (Rakitic 65′), Iniesta (Sergi Roberto 63′), Deulofeu (Vidal 75′), Denis Suarez, Messi. Eibar: Dmitrovic; Arbilla, Oliveira, Galvez, Junca, Dani Garcia (Rivera 77′), Escalante, Jordan, Capa (Pena 65′), Inui, Enrich (Charles 72′)

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tim tamu, Eibar berani tampil ofensif di Camp Nou. Eibar dua kali mengancam gawang Barca pada menit-menit awal.

Pada menit keempat, hasil umpan terobosan dari David Junca membuat posisi Sergi Enrich langsung berhadapan dengan kiper Marc-Andre ter Stegen. Namun, Enrich menyia-nyiakan kesempatan Eibar setelah penyelesaiannya dimentahkan oleh Ter Stegen.

Takashi Inui juga punya kans untuk membawa Eibar memimpin pada menit kesepuluh. Tapi, posisi tembakannya dari sudut sempit digagalkan oleh Ter Stegen.

Wasit menghadiahkan penalti untuk Barca saat laga memasuki menit ke-20. Pelanggaran Alejandro Galvez terhadap Nelson Semedo memaksa wasit menunjuk titik putih.

Messi yang menjadi eksekutor tendangan penalti Barcelona ini menjalankan tugasnya dengan sempurna. Hasil tembakannya tak terlalu kencang, tapi tak bisa dijangkau oleh penjaga gawang Marko Dmitrovic.

Messi berpeluang memperbesar keunggulan Barca enam menit kemudian. Sepakannya dari posisi luar kotak penalti mengarah ke gawang Eibar, tapi Dmitrovic terbang untuk menangkap bola.

Dmitrovic kembali menggagalkan percobaan Messi pada menit ke-37. Dia menjatuhkan diri untuk menepis posisi tembakan mendatar Messi. Barca pun mendapatkan hasil sepak pojok.

Dari sepak pojok itulah, Barca menambah keunggulannya menjadi 2-0. Paulinho menanduk dengan sempurna bola hasil kiriman dari Denis Suarez untuk merobek gawang Eibar. Hingga berakhirnya babak pertama, tak ada perubahan skor. Barca masih memimpin dengan hasil 2-0.

Awal babak kedua benar-benar berjalan seru. Dalam waktu sekitar 17 menit setelah restart, ada hasil empat gol tambahan Barcelona yang tercipta. Denis Suarez mencetak gol ketiga untuk Barca pada menit ke-53. Menguasai bola muntah setelah tembakan Messi ditepis Dmitrovic, Denis sukses menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang dari posisi jarak dekat.

Empat menit kemudian, Eibar memperkecil posisi ketertinggalannya menjadi 1-3 melalui gol Enrich. Hasil sontekan Enrich meneruskan umpan silang Junca dari sisi kiri tak bisa diantisipasi oleh Ter Stegen.

Namun, Barca kembali menjauh pada menit ke-59 setelah Messi mencetak gol keduanya. Meski posisi dikepung oleh tiga pemain lawan, Messi masih bisa menjebol gawang Eibar. Hasil melihat sedikit celah dan dengan cerdik mengarahkan bola ke pojok bawah gawang. Barca memimpin 4-1.

Hanya tiga menit berselang, Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor Barcelona. Dia bermain umpan satu-dua dengan Paulinho sebelum mengirim bola ke dalam gawang melalui sela dua kaki Dmitrovic.

Pada menit ke-71, Lucas Digne menyia-nyiakan sebuah peluang bagus. Tinggal berhadapan dengan Dmitrovic, hasil tembakannya digagalkan oleh kiper Eibar itu.

Eibar nyaris mencetak gol di menit ke-86 lewat Ruben Jimenez Pena. Tapi, hasil sepakan Pena hanya mengenai tiang gawang. Messi melengkapi quat-trick-nya lewat gol pada menit berikutnya. Dia bekerja sama dengan Aleix Vidal sebelum membobol gawang Eibar melalui sontekan jarak dekat.

Di sisa waktu, Eibar memiliki kans untuk menipiskan kekalahannya. Namun, hasil sundulan Charles hanya menghantam mistar.