MADRID – Meski kehilangan Luis Suarez dan belum menurunkan pengganti Neymar Junior, Barcelona masih mampu membuat awalan memuaskan di La Liga.

Barca mengukir dua kemenangan beruntun selepas menundukkan tuan rumah Deportivo Alavés semalam dengan hasil 2-0 di Estadio Mendizorroza Alavés, Minggu (27/8) dini hari WIB. Dua gol hasil tim tamu diborong Lionel Messi pada menit ke-55 dan 66. La Pulga alias Si Kutu sukses mengakhiri kebuntuan golnya di La Liga semalam. Pada laga pembuka, penyerang Barcelona asal Argentina itu gagal membobol gawang Real Betis.

Pelatih Barca Ernesto Valverde menyatakan senang skuadnya bisa memenangi partai yang tak mudah semalam. Kendati tampil sangat dominan, La Blaugrana semalam dibuat kesulitan di lapangan. Pada menit ke-39 Barca mendapat penalti. Sayang, hasil eksekusi Messi dimentahkan kiper Fernando Pacheco Alavés.

“Ini pertandingan yang benar-benar sulit, karena Alavés sangat sedikit dalam memberi ruang. Mereka juga bertahan begitu dalam,” ujar Valverde. Ditambah hawa panas, Los Cules dipaksa bersabar. Kesabaran itu berbuah dua gol melalui aksi Messi.

Barcelona Tidak Panik

”Kami ada di titik di mana Barca sedang sering dibicarakan, dan sepertinya itu berpengaruh. Kami mengalami saat-saat sulit, dan Barcelona telah mengatasinya,” jelas Valverde. Bersama Real Sociedad, Los Azulgrana menjadi tim yang mengoleksi hasil poin sempurna dari dua laga sejauh ini. Sebuah start gemilang buat Valverde yang musim ini menggantikan Luis Enrique.

Satu hal positif Barca adalah tidak panik, walaupun penalti Messi gagal semalam. Andres Iniesta dkk tetap fokus dan mengendalikan permainan Barcelona. “Saya pikir cara Barcelona meresponsnya sempurna. Ini partai Barca yang hebat,” kata gelandang Ivan Rakitic.

Ditarik Pina: Tangan megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan) ditarik Tomas Pina, pemain Alavés dalam pertandingan lanjutan La Liga.
Ditarik Pina: Tangan megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan) ditarik Tomas Pina, pemain Alavés dalam pertandingan lanjutan La Liga.

Menurut dia, performa tim Barca semalam meningkat pada babak kedua. Itu bisa terjadi lantaran pasukan tamu Alavés memulainya dengan nyaman dan sangat kuat. “Ini membuat Barcelona lebih percaya diri. Tekad Barcelona adalah memenangi setiap laga,” tegas Rakitic.

Sebelum menghadapi pekan ketiga akan ada jeda pertandingan internasional. Barca ditantang Espanyol pada Minggu (10/9). Setelah itu Barca meladeni ( vs ) Juventus dalam matchday 1 Liga Champions.