Apa arti AFK dalam Game?

Saat kita sedang bermain sebuah game terutama yang bergenre MOBA atau yang memiliki kepanjangan “Multiplayer online battle arena” sudah pasti kita sering mendengar istilah kata AFK. Buat para gamers baru, sudah tentu istilah ini sangat membingungkan dikarenakan kurag paham dengan apa sebenarnya arti istilah tersebut.

Awal Penggunaan kata AFK

AFK awalnya banyak digunakan pemain game online versi MOBA di tipe games desktop atau PC. Arti AFK itu sendiri adalah “Away From Keyboard” yang berarti pemain yang bersangkutan hanya diam atau tidak mengikuti permainan yang sedang berlangsung.

Lalu apa saja faktor penyebabnya? Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya AFK tersebut. Misalnya gangguan sinyal koneksi sehingga menyebabkan disconect, atau terjadinya “freeze” (crash) pada PC maupun gadget sehingga gadget harus di restart ulang dan lain sebagainya.

Atau lebih tepatnya AFK bisa dilakukan baik itu sengaja maupun tidak sengaja oleh player yang bersangkutan dimana kesalahan tersebut bukan dari adanya “bug” pada server game.

Sebagai contoh saat bermain game DOTA menggunakan PC kemudian terjadi mati lampu sehingga PC ikut mati juga dan otomatis tidak bisa melanjutkan permainan.
Sebagai contoh saat bermain game DOTA menggunakan PC kemudian terjadi mati lampu sehingga PC ikut mati juga dan otomatis tidak bisa melanjutkan permainan.

Seiring dengan perkembangan waktu, istilah AFK terus digunakan pada permainan MOBA game versi handphone (smartphone) seperti Mobile Legends (ML). Walaupun faktanya handphone saat ini sudah canggih dan tidak menggunakan keyboard untuk memainkan game tersebut melainkan layar sentuh (touchscreen), namun istilah AFK tersebut masih terus digunakan para pemain.

Dan sudah pasti perilaku AFK sangat mengganggu lingkungan permainan yang berlangsung. Sehingga pada umumnya pemain AFK akan menerima report buruk dan dijatuhi hukuman oleh server game tersebut karena tindakan AFK walaupun itu tidak disengaja.