Arti Barbie Flu, Trend ABG Luar Yang “Nyeleneh”

Barbie flu memiliki arti sebuah body modification (modifikasi bodi) atau gaya hidup (trendsetter) seseorang yang merubah seluruh penampilan tubuhnya, mulai dari wajah, badan, rambut, hingga pakaian menyerupai karakter boneka barbie. Istilah ini menggunakan kata “flu” dikarenakan dianggap sebagai wabah trendsetter yang cukup mengganggu bagi mereka yang tidak terbiasa melihat gaya penampilan ini.

Sebagai contoh yaitu gadis ABG yang berasal dari Odessa city tepatnya di Ukraina yang merubah dirinya secara dramatis mulai dari penampilan hingga modifikasi pada tubuh yang menyerupai barbie. Trendsetter gadis asal Ukraina ini sempat menjadi berita viral di beberapa negara dan ceritanya telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Mereka adalah Dominika dan Anime, dimana mereka telah melakukan perubahan drastis pada tubuhnya sehingga mirip boneka hidup barbie. Keduanya bahkan telah berulang kali mempublikasikan penampilan “nyeleneh” mereka di beberapa layanan sosial media, dan sempat mendapatkan berbagai komentar pedas dari para netizen yang tidak nyaman dengan penampilan ini.

Kiri: Anime, Kanan: Dominika
Kiri: Anime, Kanan: Dominika

Anime sebenarnya merupakan nama julukan yang ia gunakan setelah melakukan perubahan dimana layaknya sebuah tokoh Anime. Nama asli Anime sendiri adalah Anastasiya Shpagina, berumur 19 tahun. Dalam sebuah acara talkshow TV ukraina, gadis yang tidak pernah ketinggalan dengan make up tiap kali ia keluar rumah ini menjelaskan bahwa pentingya arti modifikasi riasan hingga tubuhnya ini bukan dinilai dari seberapa banyak orang yang memperhatikan dirinya dengan tatapan aneh tetapi lebih kepada arti kenyamanan diri kita saat menggunakan penampilan make up tersebut.

Untuk memulai aktifitas sehari-harinya, Anime terbiasa bangun jam 5 pagi dan mulai melakukan make up wajahnya dengan penampilan mata rakun seperti dalam karakter-karakter anime jepang. Ia pun terbiasa berjalan-jalan di tengah kota dengan penampilan busana yang menyerupai peri serta gaya rambut berwarna ungu atau warna mencolok lainnya.

Sempat tampil di beberapa wawancara TV Rusia dan Ukraina beberapa bulan terakhir ini, Anime terkesan sebagai seaorang gadis menyenangkan yang mungkin sedikit naif dengan hidup dalam dunia mimpi dan mencoba menjadikan mimpi tersebut menjadi sebuah kenyataan di dunia nyata. Di sisi lainnya, penampilan tersebut bisa menjadi promosi untuk dirinya mengingat Anime berprofesi sebagai make up artist. Keinginan nyeleneh Anime lainnya yaitu ia berambisi untuk melakukan operasi plastik agar matanya bisa tampak lebar meskipun tanpa make up layaknya tokoh karakter anime.

Olga "Dominika" Oleyink
Olga “Dominika” Oleyink

Lain halnya dengan Dominika (Olga Oleyink) beserta temannya Valeriya Lukyanova yang menyandang julukan barbie, lebih memilih karakter tokoh barbie sebagai trend mereka. Bahkan Dominika telah melakukan beberapa operasi plastik demi menonjolkan payudara barbie dengan pinggul yang ramping serta melengkung dan mulut kecil disertai bola mata besar. Bahkan sopan santun mereka ikut dimanipulasi seperti barbie. Lebih mencengangkan lagi bahwa operasi plastik ini buka sekedar operasi saja, melainkan seluruh ukaran tubuh mereka disesuaikan dengan ukuran skala barbie dengan perbandingan 86/47/86 (dalam cm) berbanding dengan 33,85/18,5/33,85 (dalam inchi).

Sebuah perjuangan untuk kesempurnaan atau bahkan mungkin melarikan diri dari kenyataan hidup. Entah apa yang ada di benak pikiran gadis-gadis tersebut sehingga memperjuangkan perubahan diri menjadi barbie dunia nyata. Barbie sindrom tersebut seolah menggambarkan ketika remaja muda berkeinginan mencapai standar mustahil dalam keindahan, gadis-gadis Odessa malah terus melakukan modifikasi tubuh mereka untuk menghidupkan dunia khayalan menjadi nyata.