Bagi Pemakai Kawat Gigi, Sebaiknya Hindari 8 Makanan Ini Biar Gigi nggak Rusak!

9

Gigimu tidak rata?  Selain mengganggu penampilan, gigi yang tak rata atau malokusi gigi bisa menggangu kesehatan, lho.  Malokasi gigi membuat makanan tidak bisa dikunyah dengan sempurna dan akhirnya mengganggu pencernaan. Saat dibersihkan pun, gigi yang tak rata kadang sulit sehingga memperbesar potensi terjadi kerusakan gigi.

Nah, behel biasanya jadi solusi permasalahan ini. Namun, pengguna behel juga harus sangat hati-hati merawat behel agar tetap berfungsi dan awet, termasuk dari segi makanan yang dikonsumsi. Ini beberapa makanan yang harus dihindari jika kamu pengguna behel.

8Permen kenyal dan semua jenis makanan lengket


unsplash.com

Permen dan jenis makanan kenyal atau lengket harus kamu hindari karena tekstur kenyalnya. Saat mengunyahnya, makanan bisa tertinggal di sela-sela behel dan akan sangat sulit dibersihkan.

7Minuman bersoda


unsplash.com

Minuman bersoda memang tidak akan melukai behelmu. Namun, soda akan menyerang gigimu dengan ganas. Soda akan mempertipis lapisan enamel pada gigi sehingga gigi jadi lebih mudah berlubang dan bahkan berubah warna. Nah, jika kamu minum soda saat pakai behel, gigimu yang tak tertutup behel bisa berubah warna. Sementara, yang berbehel akan tetap terlindungi. Saat dilepas behelnya, belang, deh!

6Jangan gigit langsung


unsplash.com

Gunakan gigi hanya untuk mengunyah saja, jangan menggigigit. Behel tak cukup kuat jika digunakan untuk menggigit makanan, apalagi yang keras. Sebaiknya, potong-potong dulu makanan yang akan kamu santap. Lebih baik susah di awal daripada repot di belakang, kan?

5Popcorn


unsplash.com

Gigi kamu yang berkawat tidak cukup kuat untuk melumat popcorn. Penyebabnya, tekstur popcorn renyah di awal dan kenyal di akhir. Daripada ambil risiko, lebih baik hindari saja.

4Kacang-kacangan, keripik, dan aneka makanan keras lain


unsplash.com

Kawat gigi kamu nggak akan kuat jika dipaksa melumat kacang-kacangan, keripik, atau jenis makanan keras lain. Kawat gigimu jadi mudah lepas jika kamu mengkonsumsi makanan itu.

3Makanan dengan rasa manis dan asam


pixabay.com

Kedua jenis rasa ini bisa mengikis permukaan gigi, termasuk melemahkan kawat gigimu. Sebaiknya hindari dua jenis rasa ini agar gigimu tetap sehat, dan kawat gigimu tetap berfungsi dengan baik.

2Hindari kopi, teh, coklat, dan makanan yang menimbulkan noda


pixabay.com

Teh, kopi, coklat, memang tidak akan melukai kawat gigi secara langsung. Namun, terlalu sering mengkonsumsinya bisa membuat kawat gigimu berubah warna. Apalagi, jika kamu menggunakan warna transparan. Bisa-bisa kamu dianggap jorok kalau warnanya berubah jadi kekuningan.

1Hindari menarik makanan atau benda dengan gigi


sidomi.com

Makanan seperti sate, sebaiknya dipisahkan dulu dari tusuknya. Menarik sate dengan gigi berpotensi mengurangi kerusakan behel atau lepasnya bracket behel.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan dan cara makan yang harus dihindari jika kamu menggunakan behel. Memang terkesan agak ribet dan sulit. Namun, jika behelmu dapat berfungsi dengan baik karena melakukan ini, kenapa nggak dilakukan? Hasil nggak akan mengkhianati usaha, kok.