Bahaya Menahan Kencing

Pernahkah kalian kebelet kencing tapi ditahan? Atau kebetulan saat jam pelajaran sekolah berlangsung, pengen kencing ke toilet tapi takut soalnya guru yang lagi ngajar “killer” akhirnya berusaha menahan kencing.

Nah buat kamu-kamu yang sering menahan keinginan untuk buang air kecil atau “pipis” ternyata bisa menimbulkan resiko bahaya bagi kesehatan kita loh. Pengen tau apa saja bahaya resiko yang di akibatkan sering menahan kencing atau menahan pipis? Simak baik-baik resiko akibat sering menahan kencing berikut ini seperti yang dilansir media The healt site.

resiko menahan kencingISK (Infeksi Saluran Kencing)

Terlalu lama menahan kencing akan mengakibatkan efek samping yang paling umum berupa infeksi saluran kencing. Saat kita berusaha menahan kencing pada rentang waktu yang cukup lama, maka akan terjadi pengumpulan bakteri di sekitar pembukaan uretera atau saluran dimana merupakan tempat urin akan keluar dari kandung kemih. Jika ditahan terlalu lama, maka bahaya bakteri yang terkumpul tadi kemungkinan bisa masuk kembali dan menyebakan terjadinya ISK ini akibat kita menahan terlalu lama.

Sensifitas Kandung Kemih Bertambah

Keseringan menahan kencing juga dapat menyebabkan kandung kemih kita menjadi lebih sensitif. Dalam artian kita akan sering merasakan ingin pipis atau yang kita kenal dengan istilah “beser”. Perasaan ingin kencing yang lebih sering ini juga merupakan bahaya gejala dari ISK, jadi cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai gejala ini.

Kandung Kemih Nyeri

Resiko lain sering menahan kencing yaitu kita akan mengalami rasa nyeri pada bagian kandung kemih. Beberapa ahli juga percaya bahwa umumnya gejala nyeri ini lebih banyak dipicu akibat kita sering menahan kencing.