Beatrice Tinsley 75th Birthday Hiasi Halaman Google Doodles

penampakan beatrice di doodle go ogle
Halam doodle untuk Beatrice

Doodles di halaman mesin pencari google pada tanggal 27 Januari 2016 ini dihiasi dengan tema ulang tahun Beatrice Tinsley. Pada doodle yang ditayangkan google menggambarkan sebuah ilustrasi cartoon sosok astronom yang sedang mengamati langit angkasa menggunakan teleskop.

Gambar cartoon tersebut bukan tanpa alasan, hal dikarenakan sosok Beatrice sendiri dikenal sebagai astronom juga seorang kosmolog dari Selandia Baru. Tepatnya 75 tahun lalu tanggal 27 di bulan Januari tahun 1941, Beatrice lahir di daerah Chester – Inggris dengan nama lengkap Beatrice Muriel Hill Tinsley.

sosok astronom Beatrice Tinsley
Sosok astronom Beatrice Tinsley semasa hidupnya

Beatrice sendiri merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dalam keluarganya. Pada akhir perang dunia ke II, Beatrice bersama keluarganya pindah ke daerah Selandia baru. Sempat menetap di daerah Christchurch kemudian kembali hijrah ke New Plymouth.

Bagaimana evolusi galaksi terhadap waktu merupakan salah satu bentuk kontribusi fundamental dari penelitian yang Beatrice lakukan dan semakin memperjelas pemahaman mengenai ilmu astronomi di dunia. Beatrice tutup usia pada 1981 akibat kanker.

Semasa hidupnya Beatrice pernah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Di antaranya yaitu dari American Astronomical Society di tahun 1086 penghargaan Beatrice sebagai ilmuwan wanita di bidang astronomi yang inovatif. Selain itu juga salah satu sabuk asteroid atau asteroid belt yang ditemukan pada 1981 di Obsevator Mt John University di beri nama sesuai dengan nama Beatrice yaitu The main belt asteroid 3087 Tinsley. Di tahun 1966 Beatrice memperoleh gelar PhD dari University of Texas di daerah Austin.