FEYENOORD – Feyenoord akan menjadi ujian pertama Manchester City pada matchday pertama pembuka Grup F Liga Champions musim ini. Meski materi pemain lebih unggul, namun The Citizens tidak mau menganggap remeh ujian tuan rumah Feyenoord yang akan mendapat dukungan suporter di Stadion Feijenord, Champions Kamis (14/9) dini hari WIB.

Tim asuhan Pep Guardiola ini memiliki modal bagus jelang laga ini. Pertama, mereka baru saja meraih kemenangan besar 5-0 saat melawan Liverpool di Etihad Stadium, Sabtu (9/9) malam. Hasil tersebut membuat kepercayaan diri David Silva dan kawan-kawan meningkat.

Meski demikian, City tetap dituntut waspada. Anak-anak asuh Giovanni van Bronckhorst berada dalam bentuk terbaiknya. Feyenoord memenangi keempat laga pertama di Eredivisie 2017/2018, mencetak 12 gol, dan baru kebobolan tiga. Bahkan, dalam dua laga terakhir, Feyenoord mencetak sembilan gol untuk menghajar Willem II 5-0 dan Heracles 4-2.

”Kalau Feyenoord di Liga Champions, mereka adalah tim bagus. Feyenoord jelas mempunyai pemain yang bagus. Kami akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk melaju sejauh mungkin dari ujian Champions ini,” kata gelandang baru City, Bernardo Silva.

City sendiri mempunyai rekor laga tandang kurang bagus di Liga Champions. Pertama musim lalu, City tak sekalipun menang. Kemudian mereka kalah di kandang Monaco dan Barcelona, serta imbang di markas Celtic serta dalam laga-laga tandangnya, Borussia Monchengladbach. Mereka hanya menang sekali di dalam tujuh laga tandang terakhir di Eropa. Laga lain City berakhir imbang tiga kali dan kalah tiga kali.

Pertama Percaya Diri

”Hal yang saya pelajari dari musim lalu adalah Anda butuh banyak rasa percaya diri. Anda harus bisa berada di sisi terbaik. Segala sesuatunya rumit di Liga Champions. Jadi, Anda juga butuh sedikit keberuntungan,” terang Silva.

Ujian di laga Champions ini, Guardiola tidak bakal bisa memainkan bek Vincent Kompany yang cedera. Untuk posisi di bawah mistar, Claudio Bravo bakal jadi starter menggantikan Ederson yang mengalami cedera kepala saat melawan Liverpool. Raheem Sterling yang di pertandingan lawan Liverpool lalu absen, bakal jadi salah satu tumpuan di lini serang.

Sementara itu, Feyenoord sebagai tuan rumah Champions akan kehilangan striker Nicolai Jorgensen yang dibekap cedera akhir pekan kemarin. Posisinya bakal diisi oleh Michiel Kramer. Bek sentral Eric Botteghin sempat diistirahatkan, tapi akan kembali ke starting eleven untuk menghadapi City.