Ronaldo dan Bale Mencetak Gol, Dortmund 1 vs 3 Real Madrid Liga Champions

DORTMUND – Real Madrid meraih hasil Champions positif dalam lawatan ke kandang Borussia Dortmund, Signal Iduna Park. Dalam pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup H Liga Champions, Rabu (27/9) dini hari WIB, Los Blancos menaklukkan tuan rumah Champions 1 untuk Borussia vs Real 3.

Hasil positif dalam Champions 1-3 itu mengakhiri kutukan Madrid dalam enam lawatan terakhir ke Signal Iduna Park Dortmund. Untuk kali pertama Cristiano Ronaldo, Bale dan kawan-kawan mampu meraih poin penuh di dalam kandang gawang Dortmund tersebut.

Sebelumnya, Madrid tak pernah menang dengan kalah tiga kali dan sisanya imbang. “Pertandingan ini adalah tantangan bagi kami. Dengan memetik kemenangan di dalam tempat ini, kami sudah mengubah sejarah. Madrid tidak pernah menang di stadion Dortmund ini. Jadi, ini hal yang hebat buat kami,” tutur Ronaldo.

“Kami menang laga, kami bermain bagus, dan kami mencetak tiga gol. Ini tidak mudah, tapi kami bisa menang di sini untuk kali pertama,” imbuh Ronaldo.

Ronaldo sendiri jadi pahlawan kemenangan Madrid dengan mencetak serta menyumbang dua gol pada menit laga ke-50 dan 79. Adapun gol pembuka gawang tim tamu dicetak Gareth Bale pada menit ke-18.

Dortmund memperkecil ketinggalan melalui Pierre-Emerick Aubame yang mencetak gol pada menit ke-54. Khusus bagi Ronaldo, dua gol di laga ini membuat Ronaldo sudah mencetak 112 gol dari 150 penampilan di semua laga kompetisi Eropa.

Pemain asal Portugal ini juga sudah 25 kali menjebol gawang tim asal Jerman. Pertandingan melawan Dortmund ini juga jadi penampilan ke-400 Ronaldo selama berseragam Madrid sejak 2009.

Ronaldo jadi pemain asing ketiga yang mencapai posisi angka 400 dalam penampilan setelah Roberto Carlos dan Marcelo.

Kalah Main Cepat: Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (posisi kanan), kalah cepat dalam perebutan bola dengan kiper Borussia Dortmund, Roman Burki (posisi tengah), pada pertandingan Liga Champions, Rabu (27/9) dini hari WIB.
Kalah Main Cepat: Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (posisi kanan), kalah cepat dalam perebutan bola dengan kiper Borussia Dortmund, Roman Burki (posisi tengah), pada pertandingan Liga Champions, Rabu (27/9) dini hari WIB.

Kerja Keras Menjebol Gawang

Dalam 400 penampilan, Ronaldo sudah mencetak 411 gol yang menempatkan posisi Ronaldo sebagai top scorer gol sepanjang masa Madrid dan 111 posisi assist.

“Statistik berbicara dengan sendirinya. Saya benar-benar bahagia membuat penampilan ke-400 dan senang dengan gol-gol saya,” terang Ronaldo.

Berstatus sebagai tim tamu, tim besutan Zinedine Zindane tampil efektif. Los Blancos tercatat melahirkan 16 percobaan yang 10 di antaranya mengarah ke gawang Dortmund.

Adapun Dortmund, yang hanya empat dari 14 percobaannya yang tepat sasaran gawang. Kerja keras para pemain Madrid pun diapresiasi oleh pelatih Zidane.

“Saya ini senang untuk Ronaldo dan Bale. Kami telah bekerja dengan keras. Para gelandang kami bekerja keras. Saya benar benar gembira karena mereka sudah memainkan sebuah laga yang sangat hebat,” ujar Zidane.

“Kami memainkan sebuah laga yang hebat dari awal sampai dengan akhir. Kami bisa saja mencetak lebih banyak gol. Kami menciptakan banyak peluang gol. Kami menjalani sebuah laga yang spektakuler, brilian. Hal yang penting adalah mencetak lebih banyak gol daripada tim lawan, dan kami berhasil,” imbuhnya.

Pelatih Dortmund, Peter Bosz, mengakui Dortmund timnya ini memang kalah kelas dengan Madrid. Seluruh pemain Dortmund layak disalahkan atas performa buruk Champions di lini belakang Dortmund.

“Kami harus bertahan dengan lebih baik. Kami tidak bisa memberikan pressing pada mereka. Lawan memang memiliki kualitas. Kami harus menganalisa ini dan memperbaikinya,” kata Bosz.

“Saya harus mengatakan bahwa kami memang layak kalah. Kami melawan sebuah tim yang sangat bagus dan kami tidak berada di level mereka,” imbuhnya.

Dengan kemenangan ini, Madrid berbagi posisi teratas Grup H Champions dengan Tottenham Hotspur. Raihan angka mereka sama, enam poin. Sementara itu, Dortmund belum berhasil meraup angka dalam dua laga di Liga Champions.