LIVERPOOL – Liverpool belum tersentuh kekalahan pada musim ini. Laju positif Liverpool tersebut diharap tak membuat anak-anak asuhan Juergen Klopp jemawa saat melawat ke Etihad Stadium untuk menghadapi lawan manchester City, Sabtu (9/9) malam.

Dua kali Liverpool tampil di playoff Liga Champions, The Reds Liverpool belum pernah kalah. Jordan Henderson dan kawan-kawan juga meraih dua kemenangan plus satu hasil imbang di pentas Premier League saat bertemu lawan lawannya sehingga menempati posisi kedua dengan nilai tujuh.

Jelang lawan City, kepercayaan diri The Anfield Gank Liverpool semakin tinggi setelah mampu menekuk Arsenal dengan skor telak 4-0 pada pertandingan pekan ketiga.

Bukan itu saja, The Reds belum pernah kalah melawan City sejak ditangani Juergen Klopp pada akhir 2015.Dalam empat pertemuan, Liverpool memetik tiga kemenangan dan hanya sekali seri, termasuk kemenangan telak Liverpool 4-1 di markas City, November dua tahun lalu. Catatan tersebut jadi modal penting bagi Jordan Henderson cs saat melawat ke kandang City nanti.

All Out

Meski demikian, anak-anak asuhan Juergen Klopp Liverpool enggan untuk jemawa. Mengingat, tuan rumah dipastikan juga akan tampil all out untuk bisa memetik kemenangan. “Kami benar-benar percaya diri. Tapi penting untuk enggan, tidak terlalu jemawa atau bersemangat. Karena dalam sepak bola sesuatunya bisa berubah,” ujar penyerang Liverpool Daniel Sturridge.

“Saya selalu melangkah dari aspek rendah hati, yang enggan terlalu bersemangat begitu awal musim ini,” imbuhnya.

Jemawa : Penyerang Liverpool, Sadio Mane (kanan), melakukan selebrasi bersama rekan setelah mencetak gol ke gawang Arsenal, belum lama ini.
Jemawa : Penyerang Liverpool, Sadio Mane (kanan), melakukan selebrasi bersama rekan setelah mencetak gol ke gawang Arsenal, belum lama ini.

The Reds memang enggan percaya diri, tidak boleh terlalu jemawa. Mengingat kondisi pemain Liverpool dibayangi kelelahan setelah membela negaranya masing-masing di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018. Ada 18 pemain Liverpool yang meninggalkan klub untuk bergabung dengan timnas masing-masing.

Dari jumlah tersebut, Roberto Firmino dan Philippe Coutinho yang memperkuat Brasil lah yang paling jauh menempuh perjalanan sehingga mereka wajib enggan berbangga diri terlebih dahulu. Mereka menempuh 23.523 km untuk kembali ke Liverpool pada pertengahan pekan ini.

Faktor kelelahan Liverpool juga dialami pemain City. Di tim asuhan Pep Guardiola ini ada 14 pemain yang memperkuat negaranya masing-masing. Dan, pemain yang paling jauh menempuh perjalanan adalah kiper The Citizens asal Chile Claudia Bravo, yakni 23.602 km.

Meski City tanpa diperkuat Raheem Sterling yang terkena kartu merah, Pep Guardiola masih punya sederet pemain berkualitas di lini depan. Salah satunya adalah Sergio Aguero.

Penyerang asal Argentina ini cukup akrab dengan gawang Liverpool. Sejak datang ke Inggris pada 2011, Aguero telah 10 kali bersua lawan Liverpool di Liga Inggris dan mencetak lima gol. Namun, di laga tersebut sepertinya Aguero bakal tampil sebagai pemain pengganti.