Dahsyatnya Awards 2016, Raffi Ahmad Di Telpon Mama?

Dahsyatnya Award yang tayang secara live di RCTI dari Istora Senayan Jakarta hingga pukul 01:00 dini hari tanggal 26 Januari 2016 tampaknya sedikit tercoreng. Mengapa dikatakan tercoreng? Hal ini dikarenakan konsep acara yang disajikan tim creative entah di fokuskan kemana.

Di tengah acara tepatnya sekitar pukul 00:30 WIB saat Raffi dan Nidji sedang bernyanyi tiba-tiba saja Raffi mendapat panggilan telpon dari mamanya Amy Qanita. Sontak saja nyanyianpun langsung di hentikan dan berganti pada publikasi percakapan antara Amy Qanita dan Raffi.

Dalam pembicaraan tersebut, Amy Qanita mengungkapkan rasa kangennya dengan anak Raffi Ahmad yang juga merupakan cucunya, dan menanyakan mengapa cucunya tidak pernah di ajak ke Bandung. Dari kejadian tersebut, saya sendiri sebagai penonton sempat bingung. Bingung dalam hal ini yang menjadi pertanyaan apakah acara ini acara awards atau acara “lebay” temu kangen yang bisa dikatakan sebuah gimmick.

Dahsyatnya Awards 2016, Raffi Ahmad Di Telpon Mama?Mengapa saya sebut lebay, hal ini dikarenakan dengan adanya kejadian tersebut mampu membuat luntur arti dari acara awards itu sendiri. Acara yang seharusnya merupakan ajang penghargaan kepada insan musik tanah air menjadi sedikit terganggu dengan sebuah telepon kangen-kangenan yang mungkin sebenarnya bukan konsumsi publik dan bisa dipastikan sebuah gimmick.

Bisa dikatakan settingan dikarenakan dari urutan kejadiannya sedikit mudah terbaca. Kejadian berawal saat Raffi dan Nidji sedang bernyanyi di atas panggung. Di tengah riuh suara lagu yang keras, mendadak camera-man mengarahkan kameranya ke arah Syahnaz (adik Raffi) yang sedang duduk sambil telpon. Pertanyaannya jika bukan settingan, apakah berani seorang kameraman mengalihkan fokus kameranya dari atas panggung ke arah seseorang yang sedang telpon? Dan juga darimana si kameraman tau jika telpon tersebut merupakan telpon penting sedangkan si penerima telpon masih berbicara di telpon dengan gemuruh suara musik di sekitarnya?

Dari kejadian ini, tentu sudah bisa ditebak akan terjadi sebuah gimmick. Dan ternyata memang benar terjadi, selang beberapa menit kemudia Syahnaz naik ke panggung sambil membawa telpon genggamnya, lagu yang dibawakan Nidji dan Raffi pun dihentikan seolah-olah terjadi peristiwa penting. Yang anehnya lagi di saat Raffi berbicara melalu telpon suaranya langsung di loud tanpa melalui handphone lagi, melainkan melalui sound system diacara tersebut.

Amy Qanita sendiri seperti yang telah dijelaskan diatas menyampaikan rasa kangen kepada cucunya yang sudah lama tidak di ajak ke rumahnya. Sedikit masukan saja buat para pembaca jika mengalami hal seperti ini dimana kita disibukkan dengan sebuah pekerjaan sehingga tidak sempat berkunjung dengan anak kita ke rumah neneknya, pilihan tepanya adalah mengalah salah satu. Mengalah disini dalam artian jika ada waktu libur walaupun sehari saja, coba kita sempatkan mampir kesana. Begitu juga dengan si nenek juga harus mengalah dan mengerti kesibukan anaknya, di saat senggang sebaiknya berkunjung ke rumah cucunya untuk melepas rasa kangen. Sehingga tidak perlu di publikasikan ke publik seolah-olah sedang terjadi perseteruan sehingga tidak bisa melepaskan rasa kangen terhadap cucunya. Sudah pasti juga hal seperti ini bukan sebuah konsumsi publik bukan?