Dari Nama Jalan Leicester Fosse Hingga Menjadi Leicester City, Si Kuda Hitam Juara Liga Primer 2016 Bermaskot Rubah

“Kuda Hitam” mungkin itulah julukan yang pantas di sandang Leicester pada ajang primer liga Inggris 2016 ini. Bagaiman tidak, pada musim lalu tim sepak bola ini sempat “terseok-seok” diambang zona degradasi liga yang kemudian dimusim ini merajai puncak klasmen dan telah menggenggam gelar juara walaupun liga belum usai karena point yang diperoleh Leicester sudah tidak terkejar lagi oleh klub-klub lainnya.

Jika kita mendengar kata “Liga Inggris” sudah tentu yang tersirat di benak kita adalah beberapa nama tim papan atas seperti “The Reds” Liverpool, “The Blues” Chelsea, “The Gunners” Arsenal, Manchester City dan “The Red Devils” Mancheter United. Sayangnya tahun 2016 bukan menjadi tahun yang baik beberapa tim besar tersebut, tapi menjadi tahun yang manis bagi Leicester city karena menjuarai liga.Maskot dan logo leicester city

Berawal Dari Sebuah Nama Jalan

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa tim bola Liecester City awalnya bernama Leicester Fosse dimana merupakan nama dari jalan yang jalan tersebut berada disekitar stadion klub pertamanya. Klub bola Liecester berdiri pada tahun 1884 dimana saat itu klub dibentuk oleh beberapa orang pemain dan juga bersahabat baik di sebuah sekolah setempat.

Tahun 1894 atau 10 tahun setelah terbentuk, Leicester masuk dan bergabung dalam Inggris liga. Sempat menempati posisi kedua klasmen saat musim tahun 1928/1929 dimana pada saat itu puncak klasmen ditempati Sheffield Wenesday yang akhirnya menjadi juara.

Maskot Rubah

Penggunaan rubah sebagai maskot berawal dari tradisi warga setempat yang gemar berburu hewan tersebut. walaupun tradisi perburuan rubah saat ini semakin banyak ditentang oleh rakyat Inggris di beberapa wilayah.

Selain itu, cricket tim Leicester juga memiliki logo yang sama yaitu rubah sebagai icon tim. Baik klub sepak bola maupun tim cricket tersebut kedunya secara bersamaan menempati stadion King Power sebagai kandang stadion tim mereka.

Sejarah Pertama Menjuari Primer Liga Inggris

2016 menjadi tahun yang akan diabadikan klub sepak bola Leicester city, hal ini dikarenakan menjadi jalan sejarah awal tim ini menyandang juara liga di Inggris tersebut. Sempat menjadi tim yang tidak diunggulkan dalam tiap musim, akhirnya mampu membuktikan kemampuan mereka dengan mengangkat thropy primer liga Inggris pertama mereka.