Doodle’s Google Hari Ini Peringati Ulang Tahun Duke Paoa Kahanamoku

doodle's google hari iniSudahkah kalian membuka mesin pencari google hari ini (Agustus, tanggal 24, 2015 – waktu Indonesia)? Salah satu search engine terbesar tersebut hari ini membuat sebuah doodle’s dari sejarah surfing atau selancar.

Doodle pada google hari ini dibuat untuk mengenang hari kelahiran Duke Kahanamoku yang merupakan penemu olahraga surfing ini, di halaman mesin pencari ini terpampang jelas wajah Kahanamoku dengan frame background selancar di belakangnya. Kahanamoku sendiri memiliki nama lengkap Duke Paoa Kahinu Hulikohola Kahanamoku.

Kahanamoku atau Duke sendiri lahir pada tanggal 24-08-1890 dimana bertepatan hari ini yang kemudian diperingati sebagai hari perayaan ulang tahunnya. Kahanamoku memiliki beragam prestasi, terutama pada olah raga renang dimana kahanamoku pernah meraih medali emas pada Olimpiade.Patung kahanamoku di salah satu pantai

Kahanamoku yang di besarkan di daerah pantai hawaii ini, sebagian besar kehidupannya di sekitar pinggir laut. Mulai semasa kecil hingga Duke menemukan salah satu olah raga menggunakan papan seluncur ini atau tang kita kenal dengan surfing.

Sebagai salah seorang penemu olah raga papan selancar ini, sudah tentu kahanamoku memiliki keahlian menguasai papan panjang ini di atas gelombang. Beberapa prestasi lainnya yang di catat Kahanamoku yaitu aksinya dalam berdiri diatas papan selancar selama 3 jam pada air tawar dan pernah di sorot media dunia. Kehidupan di daerah pantai inilah yang membuat Duke atau yang biasa dipanggil Kahanamoku ini menjadi ahli bermain surfing dan menemukan alat selancar ini.

Olah raga papan selancar ini mulai di populerkan Kahanamoku atau pria yang biasa di sapa Duke ini pertama kalinya di tahun 1914. Pada saat itu Duke sedang melakukan kegiatan kejuaraan renang, di sela-sela perjalanan menuju benua Australia ini, Kahanamoku mencoba memasukkan atau memperkenalkan jenis olah raga papan seluncur yang baru di temukannya pada kejuaraan renang ini.

Pada tanggal 24-12-1914, akhirnya Kahanamoku mempertunjukan keahliannya dalam mengendalikan sepotong papan ini di atas gelombang di daerah pantai Sidney. Papan selancar pertama yang dibuat Kahanamoku berasal dari bahan kayu pohon pinus, dan hingga saat ini, papan selancar milik Kahanamoku ini masih tersimpan di Freswater Surf Club di kota Sidney.

Begitu juga dengan di daerah Amerika Serikat, Kahanamoku dikenal sebagai orang pertama yang mempopulerkan olah raga ini di daerah tersebut. Setelah hijrah ke Amerika serikat, Kahanamoku atau Duke ini kemudian membintangi beberapa film sehingga dengan cara ini surfing semakin dikenal luas oleh banyak orang. Sebuah club juga mencatat bahwa Kahanamoku pernah menjadi salah seoarang lifeguard atau tem penyelamat pantai di Los Angeles Athletic Club.

Dalam sejarah juga Kahanamoku pernah tercatat sebagai tim dari regu penyelamat dengan menggunakan selancar atau papan surfing saat terjadi peristiwa terbaliknya kapal pesiar dari Newport Beach di daerah California. Happy Birthday Kahanamoku yang ke 125 tahun.