Jateng Targetkan Tiga Emas, Lampung Sabet 2 Emas

SEMARANG – Tim angkat besi Jateng targetkan tiga emas pada Popnas XIV Jateng 2017. Kepingan emas diharapkan datang dari Siti Nafisatuil (targetkan kelas 48 kg putra), Ahmad Imron Hanafi (kelas 85 kg putra), dan Ibnu Prabowo (targetkan kelas atas 85 kg putra). Cabang angkat besi diikuti 23 provinsi memperlombakan tujuh kelas putra dan tujuh kelas putri.

”Kami mengharapkan targetkan cabang angkat besi ini bisa tercipta prestasi yang membanggakan terutama bagi lifter Jateng. Bagi Indonesia, cabang ini sudah mendunia. Ini dibuktikan prestasi lifter Indonesia di pentas dunia seperti Olimpiade. Selalu menyumbang medali sejak Olimpiade 2000 Sidney,” tutur Ketua Umum Pengprov PABBSI Jateng Mayjend TNI Sunindyo saat membuka cabang tersebut di Hotel Semesta Semarang, Jateng Rabu (13/9).

Jateng, kata mantan Pangdam IV Diponegoro itu, merencanakan membuat semacam liga terbuka tiap empat bulan sekali. Dia mengajak provinsi lain mengikuti ajang Jateng tersebut. Sementara itu pelatih angkat besi Jateng Eko Santoso menyatakan optimistis targetkan Jateng akan lebih berprestasi dibanding Popnas sebelumnya. Target tiga emas ini yang paling realitis.

”Tapi bukan berarti lifter lain tak punya peluang targetkan prestasi. Ada beberapa atlet yang diprediksi mampu targetkan menyumbang medali. Kami mempersiapkan mereka semaksimal mungkin,” tandas Eko. Jateng menerjunkan 11 lifter terbaik di ajang multievent dua tahunan itu. Pada Rabu (13/9) ini, lifter Jateng belum ada yang turun.

Lifter Lampung

Pada hari pertama, dipertandingkan tiga kelas yakni 45 kg putra, 44 kg putri dan 40 kg putri. Emas kelas 45 kg putra di sabet oleh Kurniawan Dedi (Lampung) dengan targetkan total angkatan 158 kg. Perak di sabet Rahmad Kurnia Bagus (Lampung) dengan total angkatan lifter 149 kg disusul lifter Notonegoro M Ramadhan (Bengkulu) dengan total angkatan 147.

Adapun pada kelas 44 kg putri lifter Lampung Purwanti sabet raihan emas dengan total angkatan 133 kg. Perak di sabet Via Anggraini (lifter Jabar) dengan total angkatan 117 disusul Yolanda Yustina (lifter Papua) dengan angkatan 82 kg.

Pada kelas 40 kg putri, emas diraih oleh Sumarni (Sumsel) dengan total angkatan 109 kg. Perak direbut Khoirunnisa Najla (Jabar) dengan angkatan keseluruhan 101 kg, kemudian perunggu oleh Prasasti Adelia (Lampung) dengan total angkatan 98 kg.

Lifter Lampung Kurniawan Dedi melakukan angkatan saat tampil di Popnas XIV Jateng 2017 di Hotel Semesta, Rabu (13/9).
Lifter Lampung Kurniawan Dedi melakukan angkatan saat tampil di Popnas XIV Jateng 2017 di Hotel Semesta, Rabu (13/9).