Apa Itu NAP Dalam Game?

Saat kita bermain game, terutama game bergenre strategi seperti lord mobile dan lainnya, sering kita dengar kata ‘NAP’ saat sedang bermain. Umumnya istilah “NAP” banyak digunakan dalam MMORTS (Massively Multiplayer Online Real Time Strategy) games dimana para player lebih condong untuk berkelompok atau beraliansi untuk melawan kelompok dari guild lainnya.

Arti Pengertian NAP

NAP sebenarnya adalah merupakan singkatan kata Non Aggression Pact. Sehingga jika diterjemahkan ke arti bahasa Indonesia, pengertian NAP adalah Pakta Non Agresi atau memiliki pengertian perjanjian maupun kesepakatan untuk tidak saling menyerang antara dua atau lebih aliansi (atau guild) yang berbeda.

Biasanya NAP digunakan sebagai bentuk kerjasama yang sifatnya adalah saling menguntungkan antar guild selama tidak ada yang melanggar NAP tersebut. Kondisi NAP akan batal jika terjadi pelanggaran atau gesekan dari salah satu aliansi dengan aliansi lainnya dimana tidak ada jalan penyelesaian dari pihak pemimpin masing-masing aliansi.

gambar Apa Itu NAP Dalam Game? hd wallpaper background plengdut.com

Contoh Penerapan NAP

Sebagai contoh pengertian penerapan NAP yaitu pada game Lord Mobile. Misalnya seorang player bermain games tersebut, kemudian kerajaan yang ia miliki ikut join (bergabung) dalam guild Indonesia Merdeka (bisa juga dikatakan klan Indonesia Merdeka) dimana dalam guild ini para player adalah di dominasi oleh pemain asal Indonesia.

Dikarenakan saat bermain Lord Mobile games, player di tuntut mencari resource (sumber daya) untuk membangun kerajaan, maka guild Indonesia Merdeka tentunya membutuhkan lokasi yang banyak dengan sumber daya. Jika pada lokasi yang di tuju itu terdapat guild lain, misalnya US Guild, maka untuk memperlancar pencarian sumber daya di lokasi yang sama tadi adalah dibentuklah perjanjian NAP antara guild Indonesia Merdeka dengan US Guild.

Pengertian bentuk NAP pencarian resource itu adalah umumnya berisi perjanjian untuk tidak saling menyerang dan bergantian dalam mengambil sumber daya apa saja di tempat tersebut. Jadi adanya NAP membuat kedua guild ini menjadi satu aliansi dari negara yang berbeda dimana berada pada lokasi sama guna pencarian resource.

Perjanjian ini nantinya akan hilang jika terjadi pelanggaran kesepakatan NAP. Sebagai contoh player baru yang belum paham betul pengertian istilah NAP, tidak sengaja menyerang player lain dari US Guild yang sedang menambang emas. Kemudian player US Guild memperingatkan dengan pesan bahawa kedua guild mempunyai NAP.

Apabila player yang menyerang tadi paham pengertian maksud NAP games, kemudian meminta maaf langsung atau melalui pemimpin klan maka permasalahan tidak berlanjut (mereda). Tetapi lain cerita jika player yang menyerang salah mengartikan apa pengertian pesan games NAP sebagai ‘NOOB’ (pengertian atau sebutan untuk newbie player karena NAP dan NOOB hampir mirip hanya berbeda satu huruf serta arti) dan kemudian menambah amarahnya untuk menggempur lawan. Jika tidak ada penyelesaian dari leader guild maka aliansi ini bisa bubar karena kesalahpahaman pengertian arti NAP.