Hasil Liverpool 0 vs 0 MU Membuat Harapan Liverpool Juara Liga Inggris Memudar

Harapan Liverpool menjuarai Liga Inggris musim ini mulai memudar, meskipun kompetisi baru berjalan delapan pekan. Pasukan Juergen Klopp itu untuk kali keempat hanya mampu bermain imbang. Kali ini, mereka ditahan tanpa hasil gol oleh tamunya, vs Manchester United (MU), di Anfield, Sabtu (14/10) malam.

The Reds hanya memenangi satu hasil pertandingan dari delapan laga terakhir di berbagai kompetisi. Itu menunjukkan bahwa mereka masih jauh dari kata konsisten untuk meraih juara. Jordan Henderson dkk mengemas 13 poin dari delapan pertandingan, memudar & tercecer jauh dari juara klasmen sementara Manchester City yang memimpin dengan 22 angka. The Klop bakal tergeser ke posisi sembilan klasemen pekan ini jika para pesaingnya memenangi pertandingan.

Masih ada 30 laga harapan lagi, namun menyaksikan performa memudar Si Merah menghadapi tim-tim liga unggulan, tampaklah membuat mustahil harapan untuk juara. Bahkan untuk bisa membuat harapan bertahan di zona Liga Champions pun memudar, tak akan mudah.

Tetapi bukannya menyalahkan diri sendiri, pelatih Juergen Klopp justru menyalahkan MU, yang disebutnya bermain terlampau defensif. Klopp merasa akan menjadi orang yang tidak populer jika mengadopsi taktik Jose Mourinho itu. MU memang hampir sepenuhnya bertahan dan tak memiliki peluang, kecuali hasil tembakan Romelu Lukaku yang dengan mudah dijangkau kiper Liverpool, Simon Mignolet, menit ke-43.

Gelandang Liverpool asal Swedia Georginio Wijnaldum (kiri) berebut bola dengan gelandang dan penyerang Manchester United Ander Herrera (tengah) dan Romelu Lukaku (kanan) pada pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Liverpool dan Manchester United di Anfield di Liverpool, Inggris yang membuat berakhir imbang 0-0, Sabtu (14/10).
Gelandang Liverpool asal Swedia Georginio Wijnaldum (kiri) berebut bola dengan gelandang dan penyerang Manchester United Ander Herrera (tengah) dan Romelu Lukaku (kanan) pada pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Liverpool dan Manchester United di Anfield di Liverpool, Inggris yang membuat berakhir imbang 0-0, Sabtu (14/10).

Sebaliknya, kiper David de Gea beberapa kali melakukan penyelamatan luar biasa, termasuk ketika dia menolak usaha Joel Matip.

Optimistis Juara Premier Inggris Tak Memudar

Klopp juga merasa Philippe Coutinho seharusnya mendapat penalti saat ia terjatuh di kotak terlarang lawan. “Sulit untuk membuat nilai, tetapi saya pikir performa kami layak tiga poin. Kami lebih baik, lebih aktif,” kata Klopp kepada Sky Sports usai pertandingan.

“United datang ke sini dan menginginkan membuat satu poin, mereka mendapatkannya. Kami menginginkan tiga poin dan tidak mendapatkannya. Semua orang tahu, sulit saat tim kelas atas seperti Manchester United menggunakan pendekatan defensif.”

Tetapi harapan Klopp masih optimistis tidak memudar karena meskipun empat kali seri, timnya hanya sekali kalah. “Kami hanya kehilangan satu pertandingan Liga Primer. Bukan apa yang membuat kita inginkan, tapi semua orang bisa melihat kami tidak jauh dari Manchester United.”

Sebaliknya, bagi MU, hasil imbang itu sedikit mengganggu harapan upaya mereka untuk terus menekan Manchester City di Inggris liga. Ini juga sinyal penting bagi manajer Jose Mourinho bahwa timnya belum cukup meyakinkan ketika menghadapi tim-tim kuat liga. MU belum terkalahkan dalam delapan laga musim ini, tapi semua lawan mereka adalah tim-tim kelas bawah. Baru Liverpool yang bias dikategorikan sebagai musuh seimbang di Inggris.

City, sementara itu, sudah lebih teruji. Mereka menghajar Liverpool 5-0, kemudian memukul Chelsea 1-0, di kandang lawan. Semalam, tim polesan Pep Guardiola kembali berpesta gol. Kali ini giliran gawang Stoke City yang diberondong tujuh gol dalam laga yang berkesudahan 7-2 di Etihad Stadium.

Adapun Chelsea kembali menelan kekalahan. Mereka dipermalukan oleh tim juru kunci Crystal Palace yang untuk kali pertama mencatat kemenangan. Palace unggul 2-1.