Mexico Dilanda Gempa 8,1 SR dan Badai Katia

Korban Gempa Terus Bertambah, Tewaskan 61 Orang

MEXICO CITY – Upaya pencarian korban selamat dalam gempa bumi di Meksiko masih berlanjut. Hingga kemarin (9/9), korban tewas akibat bencana Meksiko ini telah mencapai 61 orang.

Presiden Mexico Enrique Pena Nieto menyatakan, selain 61 korban tewas terdapat lebih dari 200 orang yang menderita luka-luka. Nieto menetapkan satu hari berkabung nasional kemarin.

Nieto mengatakan gempa tersebut dirasakan oleh sekitar 50 juta dari total sekitar 120 juta penduduk Meksiko. Dia meminta masyarakat untuk memeriksa rumah dan kantor mereka jika ada kerusakan dan kebocoran gas.

Gempa berkekuatan 8,1 SR yang mengguncang wilayah pantai selatan Meksiko Kamis (7/9) malam waktu setempat merupakan yang terkuat dalam 85 tahun.

Guncangannya lebih kuat dari dilanda gempa pada 1985 yang meratakan Kota Meksiko serta menewaskan ribuan orang. Kerusakan dan korban gempa kali ini lebih sedikit karena pusat gempa 8,1 Sekala Richter lebih dalam di bawah permukaan laut dan jauh dari ibu kota negara Mexico.

Sementara itu Badai Katia yang menyapu Veracruz di pantai timur Meksiko kemarin telah turun menjadi badai tropis Katia. Pusat Badai Nasional AS melaporkan bahwa Katia mengalami pelemahan yang cepat sejak Katia mendarat.

Namun para pejabat lokal tetap khawatir sapuan badai itu tetap akan memicu bencana longsor dan dilanda banjir. Kemarin, regu penyelemat memusatkan upaya evakuasi di Tabasco, Oaxaca, dan Chiapas yang merupakan wilayah terparah dilanda terdampak gempa.

Puluhan ribu paket gawat darurat beserta 100 personel polisi tambahan serta sejumlah anjing penyelamat dikirim ke Juchitan, Oaxaca, yang merupakan wilayah dengan dilanda kerusakan terparah.

Daerah Miskin

Kepala Badan Perlindungan Sipil Meksiko Luis Felipe Puentes menyebutkan, sebanyak 45 tewas di Oaxaca Mexico yang sebagian besar berasal dari Kota Juchitan, sebanyak 12 orang di Chiapas, dan tiga orang di Tabasco Mexico.

Menteri Pertanian Jose Calzada menyampaikan, sebagian besar korban tewas berada di Negara Bagian Oaxaca dan Chiapas, daerah yang dilanda berada di bawah garis kemiskinan.

Rusak Parah: Sejumlah bangunan di Juchitan de Zaragoza,Oaxaca rusak parah akibat dilanda diguncang gempa, Jumat (8/9) waktu setempat.
Rusak Parah: Sejumlah bangunan di Juchitan de Zaragoza,Oaxaca rusak parah akibat dilanda diguncang gempa, Jumat (8/9) waktu setempat.