Layaknya Main DOTA di Handphone (HP), Mobile Legends Mulai Dibanjiri Pemain

Satu lagi game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) atau dikenal juga dengan istilah ARTS (Action Real Times Strategy) hadir di ranah aplikasi Android dan iOS. Game E-Sports bernama “Mobile Legends” besutan Moonton yang rilis pertengahan tahun 2016 ini mendadak menjadi trend para penggemar aplikasi game seluler baik di iOS maupun Android.

Moonton mobile legends Solusi main dota di handphone
Mirip dota tetapi beda karakter heroes

Tim plengdut.com yang ikut menjadi tester MOBA games Moonton developer tersebut tidak begitu heran jika hanya dalam beberapa bulan rilis resmi, aplikasi Mobile Legends langsung diserbu player seluler game dari berbagai penjuru dunia dengan kisaran pengguna diantara 10 juta hingga 50 juta user. Hal ini disebabkan karena games Mobile Legend memang sangat mirip dengan game DOTA (Defense Of The Ancients) pada game Warcraft besutan IceFrog dimana saat ini telah resmi dikelola oleh Valve Corporation dan berganti nama menjadi DOTA 2.

Battle Map Mobile Legends yang sangat mirip dengan DOTA
Battle Map Mobile Legends yang sangat mirip dengan DOTA

Walaupun Mobile Legends memiliki pola permainan yang sama dengan DOTA, namun komposisi Heroes karakternya termasuk kreatif dengan berbagai skill battle yang unik dan menarik untuk dimainkan. Sebut saja karakter hero seperti Kagura, Yun Zhao, Bruno, Lolita, Gord, dan bahkan pada updetan terbaru 16 Desember 2016 Mobile Legends kembali mengeluarkan karakter baru bernama Chou “Kung Fu Boy” serta beberapa skin karakter lama bertema Chrismast yang bisa dibeli menggunakan diamond.

Skin karakter hero mobile legends bertema natal 2016 dari moonton
Skin karakter hero mobile legends bertema natal 2016 dari moonton

Karakter-karakter tersebut juga di klasifikasikan menjadi dua bagian, dimana ada karakter dengan skill yang mudah di gunakan (easy) hingga karakter dengan skill yang cukup susah digunakan.

Dengan tingkat dificulity yang rendah, Balmond lebih mudah jika digunakan oleh pemain pemula
Dengan tingkat dificulity yang rendah, Balmond lebih mudah jika digunakan oleh pemain pemula
Fanny, salah satu heroes dengan tingkat dificulity skill yang cukup rumit untuk digunakan oleh pemula
Fanny, salah satu heroes mobile legends dengan tingkat dificulity skill yang cukup rumit untuk digunakan oleh pemula

Sedangkan untuk mendapatkan heroes-heroes ini, pemain bisa mengumpulkan Battle Point (BP) dan bisa membelinya menggunakan BP dengan harga tertentu atau bisa juga menggunakan diamond (untuk mendapatkan diamond, pemain harus membeli paket diamond yang nantinya bisa digunakan baik itu dalam pembelian heroes maupun skin).

Kelebihan

Game Mobile Legend terbilang cukup mudah untuk dimainkan, dimana untuk melengkapi item yang akan digunakan karakter heroes, pemain tidak perlu balik ke base atau mengunjungi shop tertentu di map untuk membelinya. Pemain bisa melakukan setting awal item yang akan digunakan, sehingga saat battle dimulai dan perolehan gold cukup untuk membeli item tersebut, maka akan muncul pilihan untuk membelinya sambil tetap melanjutkan war.

Untuk beberapa item spell tertentu juga sudah tersedia tanpa harus membelinya di shop saat battle. Sebagai contoh spell “Recall” (mirip town portal di DOTA) untuk pulang kembali ke base sudah tersedia tanpa harus membelinya. Begitu juga jika salah satu player dalam tim kita mengalami “DC” (koneksi terputus) maka kita dapat menyeting player DC tersebut sebagai AI sehingga permainan akan terus berlanjut dengan jumlah pemain yang sama.

Satu lagi kelebihan game ini yaitu pemain bisa merasakan sensasi bermain DOTA tapi menggunakan smartphone handphone mereka dimanapun mereka berada selama terkoneksi dengan internet.

Kekurangan

Salah satu kekurangan game ini yaitu pada bug dan masalah “lag”. Sebagai pendatang baru di ranah aplikasi game smartphone sudah tentu wajar jika masih ada bug dalam pengembangan aplikasi game ini. Akan tetapi untuk memainkan game ini juga dibutuhkan koneksi internet yang benar-benar stabil.

Hal ini dikarenakan peraturan game mobile legends yang menyatakan bahwa “performa tim akan ikut terganggu jika salah satu pemain dalam tim tersebut memiliki ping koneksi 300 keatas”. Sehingga dalam kasus ini, heroes yang digunakan akan lebih susah untuk di kontrol pada saat battle berlangsung dan user lain dalam tim akan mengalami lag meskipun sudah menggunakan koneksi wifi yang stabil.

Hampir seluruh provider gsm pada koneksi 4G telah plengdut coba dan hasilnya walaupun berada di koneksi 4G tetap bisa menghasilkan lag di mobile games versi 1.1.44.128.2 sehingga sangat menggangu user yang memainkan rank game (efek lag, bisa kalah terus-terusan, mulai rank game di Elite I bisa anjlok ke Elite III tanpa bintang). Sementara untuk koneksi wifi yang telah plengdut coba adalah koneksi milik firstmedia yang cukup stabil untuk memainkan game ini. Sedangkan untuk koneksi speedy belum pernah kami coba, so buat teman-teman yang sudah cobain di speedy (via wifi) bisa meninggalkan reviewnya di komentar. Dan buat kalian yang belum cobain game ini, silahkan langsung di coba di handphone masing-masing, dijamin seru deh.