Manfaat Senam Kegel untuk Pria dan Wanita, Dapatkan Tubuh yang Bugar Serta Kesehatan Organ Vital

Sebagai wanita, tentunya menjaga kondisi dan bentuk tubuh menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Salah satunya, menjaga bentuk pinggang dan panggul agar tetap kencang dan menawan.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia dan rutinitas kerja, membuat kita sebagai perempuan suka lupa dalam menjaga kondisi panggul hingga akhirnya menjadi kendur. Selain hal tersebut, faktor lainnya seperti sehabis melewati proses persalinan dan berat badan berlebih juga menjadi penyebab berkurangnya kekuatan otot panggul wanita.

Tenang saja, dengan rutin melakukan senam kegel, dijamin dapat mengembalikan kembali kekuatan otot panggul bawah, termasuk otot bawah rahim dan kantung kemih. Masih ada lagi beragam manfaat senam kegel bagi wanita. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana melakukan senam kegel, berikut panduannya!

  1. Perlu diingat agar selalu mengosongkan kantung kemih sebelum melakukan senam kegel. Sebagai permulaan, cobalah cari tempat yang tenang dan dapat menjaga privasi kita sebagai wanita.
  2. Posisikan diri Anda dengan berbaring. Kencangkan otot panggul di lantai selama 3 detik. Setelah itu lemaskan otot panggul dengan durasi yang sama.
  3. Ulangi hingga 10 kali gerakan tersebut. Jika sudah mulai terbiasa, Anda bisa meningkatkan durasi hingga 5-10 detik. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga set dengan masing-masing 10 pengulangan setiap harinya.
  4. Jangan sekali-kali mengencangkan otot perut, bokong, dan paha selama mengencangkan otot panggul bawah. Tetap bernafas dengan rileks seperti biasanya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, senam kegel perlu dilakukan setiap hari agar hasilnya dapat terlihat dalam beberapa bulan.

Salah satu manfaat senam kegel yang dapat dirasakan adalah kemampuan mengendalikan otot dan kontinuitas buang air kecil. Selai itu, tentunya senam kegel dapat mencegah wanita dari penurunan kualitas kondisi panggul bawah.

Jika sudah melakukannya secara rutin, dijamin sejumlah manfaat senam kegel bisa segera dirasakan, seperti:

  • Senam kegel dapat mengendalikan stres inkontinensia, yaitu suatu kondisi yang membuat Anda mengeluarkan urine secara tidak sadar atau ngompol jika ada peningkatan tekanan pada area perut secara tiba-tiba. Artinya, seseorang bisa saja mengompol ketika tertawa, batuk, jogging, bersin hingga saat mengangkat beban berat.
  • Saat kandung kemih akhirnya terisi, seseorang mendapat dorongan untuk buang air kecil. Jika seseorang mengalami inkontinensia, kandung kemih mungkin terasa penuh meskipun sebenarnya tidak demikian. Latihan kegel membantu memperkuat otot ini dan memulihkan kontrol tersebut.
  • Selain memberi manfaat pada fungsi pembuangan, senam kegel juga bermanfaat bagi Anda yang sedang hamil dan sedang merasakan adanya tanda tanda akan melahirkan, lho. Kuatnya otot dan meningkatnya elastisitas panggul dapat membantu membuka jalur rahim dan mencegah episiotomi, yaitu sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum. Hasilnya, proses persalinan pun jadi lebih lancar, deh!
  • Senam kegel juga bisa mencegah anorgasmia, kondisi di mana seseorang susah mencapai klimaks setelah mendapatkan rangsangan saat melakukan hubungan seks. Sebuah penelitian mengungkapkan latihan kegel dapat meningkatkan orgasme wanita. Sebab, wanita yang memiliki otot panggul kuat mengalami gairah dan fungsi orgasme yang tinggi dibandingkan wanita dengan otot panggul lemah.

Selain memiliki segudang khasiat bagi kaum hawa, senam kegel juga bisa memberikan manfaat bagi para pria, lho. Salah satunya dapat menyembuhkan kondisi ejakulasi dini pada organ seksual pria.

Nyatanya, senam kegel dapat melatih otot pubococcygeus, yang mengontrol aktivitas ejakulasi, menjadi lebih kuat. Lakukan senam kegel secara rutin dengan cara menahan air seni saat sedang buang air kecil selama 10 detik. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali dengan waktu istirahat masing-masing 10 detik setiap memulai latihan.

Bila air seni berhasil berhenti, berarti kontraksi otot panggul (otot pubokoksigis) telah berhasil dilakukan. Terapkanlah hal ini secara teratur agar dapat  membantu kontraksi otot guna menahan ejakulasi, ya!.

Nah, jika muncul rasa sakit saat melakukan senam kegel, artinya ada kesalahan dalam gerakan tersebut. Semoga  bermanfaat!