Medan News: Medan Plaza Masih Terbakar

Berita Medan: Plaza Medan TerbakarHingga berita ini diturunkan, Gedung Medan Plaza masih terbakar hebat. Puluhan mobil pemadam kebakaran belum berhasil menjinakkan si jago merah, meski api sudah membakar Plaza ini sejak pukul 2.00 WIB, Jumat (22/8/2015). Akibatnya, muncul kekhawatiran salah satu pusat pertokoan tertua di Kota-Medan, Sumatera Utara ini bakal runtuh.

12 Jam Terbakar : “Hampir 12 jam gedung Plaza ini terbakar. Kita khawatirkan gedung Plaza ini rubuh terbakar habis. Karena usia gedung Plaza ini sudah puluhan tahun. Ini juga sudah ketiga kalinya terbakar. Makanya kita harapkan warga jangan terlalu dekat dengan gedung Plaza yang terbakar ini,” tutur Panjaitan salah satu petugas pemadan kebakaran.

Wekil Kepala Polresta Medan AKBP Yusuf Hondawantri yang berada di lokasi Plaza tempat kejadian terbakar -nya gedung ini menyebutkan belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun berdasarkan informasi sementara, api di Plaza ini berasal dari lantai dua, di mana terdapat restoran siap saji.

“Jadi menurut informasi sementara yang kita peroleh api penyebab terbakar -nya gedung berasal dari lantai dua. Dari restoran siap saji. Tapi masih kita dalami terus penyebab terbakar -nya gedung ini. Kita pun masih mengumpulkan sejumlah saksi-saksi,” kata Yusuf.

Sementara itu, kemacetan panjang terjadi akibat kebakaran Plaza ini. Kendaraan yang melintas di Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan dan Iskandar Muda, tak bergerak. Asap hitam membumbung tinggi akibat gedung yang terbakar ini.

Seorang saksi mata, Echo yang sedang berolahraga pagi di Taman Gajah Mada Medan, sekitar 500 meter dari lokasi kejadian pun mengaku bisa melihat jelas kepulan asap. “Asapnya nampak dari mana-mana. Katanya 300 toko habis terbakar, semua status BBM ribut soal ini,” kata dia. “Semogalah tidak ada korban jiwa,” sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan kali terdengar suara ledakan dari antara kobaran api yang kini membakar gedung Plaza itu. Suara ledakan itu mengundang kekhawatiran warga yang menetap di sekitar bangunan Plaza yang terbakar.

“Ya kami khawatir, ledakan sudah sering kali terdengar dari dalam gedung selama terbakar. Banyak warga yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran ini. Takutnya percikan ledakan kena warga atau pun rumah-rumah warga ikut terbakar,” ujar salah seorang warga, Nurhidayat (32) yang tinggal di Jalan Orion, yang letaknya dekat lokasi kebakaran.

Di lokasi kebakaran terlihat api berkobar hebat dan ratusan warga berkerumun untuk menonton peristiwa ini. Kepadatan warga memaksa petugas meminta warga menjauh hingga jarak 100 meter dari lokasi kebakaran Plaza. Di jarak 100 meter itupun panas api sudah sangat terasa.