Memang Seger Banget, Tapi Minum Es Teh Terus-terusan Bisa Memberi 7 Dampak Buruk Ini

8Saat cuaca panas, minum es menjadi salah satu solusinya.

phinemo.com

Saat cuaca panas, minum es menjadi salah satu solusinya. Yang paling favorit sih es teh. Selain rasanya enak, harganya pun masih terjangkau. Kalau pun nggak punya duit, bikin sendiri juga bisa. Namun sayangnya, minum es teh secara terus-menerus tidak baik buattubuh kita. Nggak percaya? Simak nih dampak buruk karena sering minum es teh.

7Menyebabkan Obesitas


doktersehat.com

Teh memang memiliki manfaat. Akan tetapi, jika kita membuat es teh dengan gula, hal itu bahaya buat berat badanmu. Gula akan memicu kita mengalami obesitas. Tahu sendiri kan obesitas bisa berdampak munculnya berbagai penyakit.

6Meningkatkan Risiko Diabetes


dailypost.ng

Selain bikin obesitas, gula dalam es teh juga bisa meningkatkan risiko diabetes. Makanya, sebaiknya jangan konsumsi es teh, terutama yang manis. Mungkin sesekali bisa konsumsi teh tawar.

5Menaikkan Tekanan Darah


rsazra.co.id

Perlu kita ingat, teh juga mengandung kafein meski tidak sebanyak kopi. Teh hitam dan teh hijau kandungan kafeinnya cukup banyak. Kafein ini jika terus-terusan masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah.

4Membuat Dehidrasi


soludia.id

Ternyata kalau kita sering minum es teh malah bikin dehidrasi lho. Kenapa ya? Karena kafein yang semakin banyak menumpuk di dalam tubuh dapat menjadikan kita sering merasa haus.

3Menjadikan Kulit Kering


meramuda.com

Lagi-lagi soal kafein nih. Kadungan kafein dalam teh yang hanya sekitar 50 miligram ternyata punya dampak buruk lain. Dampak tersebut adalah menjadikan kulit kering. Kulit kering ini efek dari dehidrasi.

2Memicu Penyakit Ginjal


meetdoctor.com

Es teh juga mengandung oxalate yang cukup tinggi. Kandungan oxalate dapat memicu berbagai penyakit ginjal. Oxalate dapat membentuk kristal yang pada akhirnya menjadi batu ginjal. Bahkan, kita dapat mengalami inflamasi ginjal hingga gagal ginjal.

1Menyebabkan Kekurangan Zat Besi


www.femina.co.id

Zat besi sangatlah penting bagi tubuh kita. Akan tetapi, kandungan tanin dalam teh dapat menyerap zat besi yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh kita akan terasa lesu. Kalau lesu, aktivitas kita bisa terganggu.

Banyak juga ya dampak buruk dari minum es teh secara terus-menerus. Kita tetap boleh kok minum es teh. Tapi, tetap dikontrol, ya. Tentunya juga diimbangi dengan makanan yang penuh nutrisi dan jangan lupa olahraga agar badan tetap sehat.