November Ini, Ada Hujan Meteor

hujan meteor november 2015
Langit malam yang ditaburi meteor

Ingin menyaksikan hujan meteor? Semoga langit Indonesia di bulan ini tetap cerah agar kita bisa melihat hujan meteor bulan ini, walaupun sudah mulai masuk musim penghujan di beberapa kota besar.

Hujan meteor Taurid dikabarkan NASA akan terjadi di bulan ini selama beberapa minggu. Menurut NASA, hujan meteor taurid selatan akan terjadi hingga puncaknya pada tanggal 5 November bulan ini, sementara hujan meteor utara akan mencapai puncaknya di tanggal 12 November.

Taurid sendiri merupakan kumpulan meteor yang berada pada kontelasi Taurus. Meteor ini terdiri dari partikel-partikel yang berukuran besar serta mampu menghasilkan bola api sehingga hujan meteor ini tampak terang di langit.

2015 ini juga telah diprediksi para ahli astronomi sebagai tahun dimana langit di bumi kita ini akan dihiasi taburan meteor yang bercahaya terang.

Bill Boke dari Meteorid Enviroment Office NASA mengatakan “Beberapa malam ke depan tidak perlu terkejut jika kita melihat taburan hujan meteor menyerupai bola api menghiasi langit bumi. Hal ini disebabkan karena hujan meteor taurid akan segera terjadi, dan kamera pengamat meteor kami menunjukkan aktivitas yang stabil pada hujan meteor yang akan terjadi nanti.”

Science Alert juga menyarankan bagi yang ingin melihat fenomena alam hujan meteor ini bisa menggunakan aplikasi “Star Chart” pada Android maupun iPhone sebagai bantuan dalam mencari konstelasi Taurus di langit untuk menyaksikan taburan meteor ini.