Proyek Balon Google Siap Uji Coba Indonesia

Balon Internet GoogleProyek baloon Google atau dikenal juga dengan proyek Loon kabarnya akan siap di uji coba oleh google di Indonesia mulai tahun depan. Project ini sendiri merupakan hasil kreasi google untuk memancarkan sinyal internet dengan menggunakan wahana sebuah balon udara sebagai pengganti tiang pemancar.

Balon internet google ini nantinya akan mengudara pada ketinggian 20km dari muka laut yag kemudian akan memancarkan WiFi sehingga bisa di gunakan perangkat gadget dengan jarak radius sekitar 40km dimana balon ini berada.

Untuk saat ini ada 3 nama operator yang akan bekerjasama melakukan uji teknis internet balon ini bersama google. Ketiga operator tersebut yaitu XL Axiata, Indosat, dan Telkomsel yang nantinya akan memanfaatkan frekuensi spektrum di 900 MHz di tahun 2016.

Alasan Google memilih Indonesia

Loon google internet yang rencananya akan di install di tanah air kita Indonesia ini dipilih google bukan tanpa alasan. Menurut mereka Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau merupakan tantangan tersendiri bagi google untuk melakukan uji balon untuk bisa mengkoneksikan 17 ribu pulau ini dalam sat jaringan internet.

Tidak hanya itu saja, balon internet ini kabarnya juga sempat menjadi sorotan dunia dimana google memilih Indonesia untuk melakukan percobaannya.