Penghargaan Pemain Terbaik Eropa Milik Ronaldo

Hasil Terbaik Dedikasi

MONACO – Tak ada kejutan dalam pemilihan Pemain Terbaik Eropa 2016-2017. Sukses mengantar Real Madrid menjadi klub terbaik pertama yang mempertahankan gelar Liga Champions, dan menjuarai La Liga Spanyol, penghargaan ini terasa sangat pantas bagi Cristiano Ronaldo.

Tak ada perdebatan panjang baginya untuk mempertahankan penghargaan yang diraih tahun lalu. Lionel Messi yang berada di peringkat kedua, sukses mencetak 54 gol untuk Barcelona, namun hanya memenangi penghargaan Copa del Rey.

Maka kehadiran Gianluigi Buffon menjadi memecah ”kesuntukan” malam itu di Monaco, seusai pengundian babak grup Liga Champions. Kapten terbaik Italia dan Juventus tersebut, sukses mengantar La Vecchia Signora meraih sudetto dan Coppa Italia, serta menjadi finalis Liga Champions. Selain pemain terbaik, Ronaldo juga dinobatkan penghargaan sebagai penyerang terbaik. ”Ini tentang kerja keras dan dedikasi,” ucapnya di atas panggung.

CIUM TROFI : Cristiano Ronaldo mencium trofi Pemain Pria Terbaik Eropa milik -nya, usai pengundian babak grup Liga Champions UEFAdi Monaco, Jumat (25/8). (65) SABTU, 26 AGUSTUS 2017
CIUM TROFI : Cristiano Ronaldo mencium trofi Pemain Pria Terbaik Eropa milik -nya, usai pengundian babak grup Liga Champions UEFAdi Monaco, Jumat (25/8). (65) SABTU, 26 AGUSTUS 2017

Masuk Akal

Buffon yang gagal merebut penghargaan pemain terbaik, dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik. ”Saya sangat bangga mendapatkan penghargaan ini di usiaku (39 tahun). Rahasianya, bila ada satu yaitu saya terus merasa lapar dan bodoh,” ucapnya yang disambut gelak tawa seisi ruangan.

Bagi Buffon penghargaan tersebut sangat masuk akal. Apalagi piala yang diidam-idamkan milik dirinya mengangkat trofi Liga Champions, musim lalu, tumpas di tangan Los Blancos. Ronaldo mencetak dua gol dalam kemenangan 4-1 di Millenium Stadium, Cardiff, Juni lalu.

Menjawab pertanyaan reporter yang duduk di samping Messi, pria Portugal itu mengatakan gol keduanya ke gawang Buffon, merupakan gol terbaik paling spesial Ronaldo dan penuh makna di Liga Champions. ”Gol terakhir lawan orang tua ini,” kata Ronaldo sambil tersenyum dan menunjuk Buffon yang duduk di sampingnya. Kontak saja semua lantas tertawa.

Penghargaan ini membuatnya menyamai rekor penghargaan milik Messi yang lima kali dinobatkan sebagai pemain Eropa terbaik. ”Penghargaan ini akan memberi saya motivasi untuk terus bekerja keras, tidak pernah menyerah. Saya diberkati dan senang bisa bersama Real Madrid,” ucapnya.

Kapten Madrid, Sergio Ramos terpilih sebagai bek terbaik Eropa. Adapun rekan setimnya, Luca Modric dianuegarahi sebagai gelandang terbaik.