Liverpool – Liverpool semalam gagal meraih kemenangan saat menjamu Burnley. Liverpool harus puas berbagi angka usai hasil bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Liverpool pada pertandingan sebelumnya mengalami kekalahan dari Manchester City 0-5 di pekan lalu, kemudian liverpool menelan hasil seri dengan Sevilla di Liga Champions. Si Merah liverpool hingga semalam pun belum mampu kembali ke hasil jalur kemenangan.

Bertanding di Anfield, Sabtu (16/9/2017) semalam WIB, Liverpool tampil dominan. Namun, Burnley justru mencuri gol lebih dulu lewat Scott Arfield di menit ke-27, yang dibalas Mohamed Salah tiga menit kemudian.

Dengan hasil semalam ini, Liverpool kini menempati peringkat tujuh klasemen sementara usai mengantongi 8 poin dari 5 pertandingan. Sedangkan Burnley dua tingkat di atas Liverpool dengan perolehan angka serupa tapi unggul selisih gol semalam.

Prediksi Awal

LIVERPOOL – Tanpa Sadio Mane, Liverpool berharap kontribusi tinggi dari Philippe Coutinho. The Reds Liverpool akan menjamu Burnley pada matchday 5 Liga Primer Inggris di Anfield, Sabtu (16/9).

Mane harus absen karena menjalani hukuman larangan bermain. Coutinho jadi andalan Liverpool untuk menusuk dari sisi kiri. Dia tampil kali pertama untuk Si Merah Liverpool musim ini saat timnya bermain imbang 2-2 melawan Sevilla di Liga Champions, Rabu (13/9).

Kapten Liverpool Jordan Henderson yakin kembalinya Coutinho jadi suntikan tenaga yang masif. Dia juga gembira bintang asal Brasil itu tetap bersemangat di lapangan.

”Rasanya bagus bisa mendapatkan Phil kembali di lapangan. Dia sudah brilian di tempat latihan Liverpool, dan mudah-mudahan bisa memberi efek yang besar,” ungkap Henderson.

Gelandang Inggris itu mengakui timnya Liverpool perlu memperbaiki beberapa hal. Dalam hasil dua laga terakhir, The Kop gagal memetik kemenangan. “Kami harus balik ke jalur kemenangan. Soal hasil performa, kami telah membuktikan diri di lapangan,” tegasnya. Pekan lalu, The Reds dipermak Manchester City 0-5. Burnley bisa menjadi pelampiasan yang sempurna. Itu dengan catatan Si Merah tidak ceroboh di lini belakang.

Manajer Liverpool Juergen Klopp masih dipusingkan hasil kinerja barisan pertahanan yang belum mantap. Selain itu, lini depan terlalu sering membuang peluang. Kalau dua titik lemah itu tak muncul, meraih hasil tiga angka bukanlah hal sulit.

Trio barisan penggempur yang diisi Coutinho, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah bakal mendominasi lini belakang The Clarets. Tinggal bagaimana hasil penyelesaian akhir trisula dengan skill spesial ini.

Burnley seperti biasa hanya akan mengandalkan serangan balik. Sean Dyche, pelatih The Clarets Burnley, siap menerapkan taktik “parkir bus” demi membentengi gawang Burnley. Strategi Burnley ini sukses besar pada musim lalu.

Dyche akan menempatkan Chris Wood dan Sam Vokes sebagai tombak kembar Burnley. Cuma dua striker itu yang tak ditugasi memenuhi kotak penalti sendiri.

Jalannya Pertandingan Liverpool vs Burnley

Liverpool melakukan inisiatif serangan sedari awal. Tapi peluang berarti liverpool baru tercipta di menit kedelapan ketika Tren Alexander – Arnold melepaskan tembakan keras kaki kiri meski masih melebar. Meski dominan, Liverpool belum tampil impresif di sepertiga akhir lapangan. Di menit 18, Liverpool mengklaim penalti usai Mohamed Salah dilanggar James Trakowski. Akan tetapi, wasit tidak menganggap pelanggaran pertandingan pun berlanjut.

Ketika berhasil keluar dari tekanan, Liverpool justru kebobolan. Di menit 27, Scott Arfield membawa Burnley memimpin 1-0, setelah memaksimalkan umpan silang Rob Brady. Keunggulan Burnley tidak bertahan lama. Hanya tiga menit kemudian, Liverpool langsung menyamakan skor semalam menjadi 1-1 lewat gol Mohamed Salah.

Emre Can mengirim bola lambung liverpool yang mengacaukan lini belakang Burnley. Salah mengontrol bola di kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang menembus sela-sela kaki kiper Nick Pope.

Sebuah peluang menambah gol diperoleh Liverpool. Di menit 42, bola terobosan Philippe Coutinho menemui Daniel Sturridge di sisi kiri kotak penalti Burnley. Namun, penyelesaian Sturridge hanya bersarang di luar jala gawang. Kombinasi Coutinho dengan Roberto Firmino menciptakan peluang. Bola kemudian jatuh di jalur Salah yang diteruskan dengan sepakan kaki kiri tapi bisa dibelokkan sehingga Pope mampu menangkapnya.

Babak pertama berakhir, skor 1-1 Liverpool Burnley tidak berubah.

Tekanan langsung dilancarkan Liverpool setelah turun minum. Sturridge, Coutinho sama-sama mengancam gawang Burnley, meski belum menghasilkan gol tambahan. Liverpool nyaris menciptakan gol keduanya di menit 54. Kerjasama Firmino dengan Can diakhiri dengan sebuah tembakan dari dalam kotak penalti. Bola tidak ditangkap Pope dengan benar sehingga bergulir, tapi buru-buru disapu Stephen Ward sebelum mencapai pemain Liverpool.

Gempuran serangan Liverpool terus berlanjut. Setelah tembakan Coutinho melebar, Pope melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tembakan keras Sturridge dari luar kotak penalti di menit 59. Burnley bertahan dengan solid untuk menggagalkan serangan yang dibangun Liverpool. Di menit 77, Burnley mendapatkan kesempatan melakukan serangan balik ke gawang liverpool dan Brady menusuk dari sisi kanan tapi bisa diselamatkan kiper liverpool Simon Mignolet.

Tiga menit kemudian, Burnley hampir berbalik unggul. Di menit 80, umpan silang Brady diteruskan Ben Mee dengan sundulan keras yang mengalahkan Mignolet. Tapi Joel Matip bisa mengamankan gawang Liverpool untuk menggagalkan gol. Burnley kembali mengancam Liverpool semenit kemudian. Lagi-lagi dari Brady, sundulan Bee ke sudut bawah gawang diselamatkan Mignolet dengan kakinya.

Di menit 85, Liverpool gantian nyaris menciptakan gol keduanya. Alexander-Arnold berhasil menusuk dari sisi kanan untuk mengirim umpan ke tengah kotak Burnley. Bola disambut Dominic Solanke, tapi tembakan volinya membentur mistar gawang. Waktu semakin menipis bagi Liverpool. Bombardir serangan Liverpool belum menghasilkan gol tambahan. Di menit 88, tusukan Salah diakhiri dengan tembakan kaki kiri tapi masih terlalu lemah.

Liverpool terus berusaha menyerang Burnley, yang tetap fokus bertahan. Akan tetapi, tidak ada gol lain yang tercipta. Skor akhir pertandingan tetap 1 untuk liverpool dan 1 untuk Burnley.

Susunan Pemain Liverpool dan Burnley

Liverpool : Mignolet; Alexander-Arnold, Matip, Klavan, Robertson; Milner, Can, Coutinho (Solanke 79'); Salah, Firmino (Oxlade-Chamberlain 80'), Sturridge  Burnley : Pope; Lowton, Tarkowski, Mee, Ward; Gudmundsson (Barnes 60'), Cork, Defour (Westwood 88'), Brady; Arfield, Wood (Vokes 87').
Liverpool : Mignolet; Alexander-Arnold, Matip, Klavan, Robertson; Milner, Can, Coutinho (Solanke 79′); Salah, Firmino (Oxlade-Chamberlain 80′), Sturridge.  Burnley : Pope; Lowton, Tarkowski, Mee, Ward; Gudmundsson (Barnes 60′), Cork, Defour (Westwood 88′), Brady; Arfield, Wood (Vokes 87′).