Ada banyak alasan mengapa water park menjadi tempat wisata liburan favorit keluarga. Yang paling menonjol adalah adanya beragam wahana air yang tak mungkin keluarga Anda temukan di kolam renang biasa.

Siapa yang tak suka bermain air? Dengan cuaca panas Kota Semarang dalam beberapa pekan ini, bermain air tentu menjadi salah satu cara menyegarkan diri. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga menyukai. Karena itu, tak mengherankan kalau kolam renang saat ini banyak dicari sebagai destinasi wisata alternatif liburan bersama keluarga.

Yang menarik, saat ini ada banyak kolam renang yang melengkapi fasilitasnya dengan berbagai wahana permainan seru untuk keluarga, sehingga kegiatan keluarga dan si kecil tak melulu berenang, tapi keluarga makin menyenangkan dengan mencoba wahana permainan, seperti papan seluncur air dengan berbagai macam bentuk dan tingkat ketinggian yang berbeda.

Sebagai objek wisata, water park berbasis memenuhi adanya something to see, something to buy, maupun something to do. Wisata air dalam waktu satu dua tahun ini menjadi destinasi favorit keluarga masyarakat di Kota Semarang.

Salah satunya Water Blaster di Kompleks Perumahan Graha Candi Golf Jangli, Kecamatan Tembalang, Semarang yang berdiri di atas lahan seluas empat hektare. Sebagai salah satu wahana permainan berbasis air yang terbesar di Jawa Tengah dan berdiri sejak 2008, kolam Water Blaster mendukung perumahan.

Akan tetapi, dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap, pengunjung objek wisata itu tidak hanya warga yang bermukim di perumahan, tetapi juga warga dari berbagai daerah di Indonesia. Fasilitas yang dapat digunakan sebagai destinasi wisata keluarga memiliki berbagai macam slide yang menantang dan memanjakan pengunjung dari segala usia.

Mulai dari lima kolam renang beragam ukuran, ember tumpah, wave pool, boomerang, lazy river (sungai buatan), slide race, blaster warior, great wall, jungle tree, paint ball, soccer, dan bebby kid play.

Fasilitas berbasis makanan yang juga sudah disediakan seperti food court yang menyediakan Indonesian food dan jappanesse food, blaster shop, noah ship, race cafe, dan star plaza juga menambah destinasi keluarga ini bisa disebut wisata all in one.

Tiga Gazebo

Untuk pengunjung keluarga, Water Blaster menyediakan tiga jenis gazebo untuk transit, mulai berbasis kelas family, standar, dan VIP dengan harga Rp 80.000 hingga Rp 150.000 pada jam operasional. Setiap Senin Water Blaster tidak menerima pengunjung. Wahana wisata ini buka Selasa-Sabtu pukul 10.00 – 17.30, dan khusus Minggu buka pukul 07.00 – 17.30.

Public Relation wisata Water Blaster Nur Rosita Tri Kusumawati didampingi staf marketing Putri Diah Sari, Indira, dan bagian HRD Dipta Adi Prawatia menuturkan, Water Blaster merupakan wahana permainan air keluarga terbesar dan terlengkap di Kota Semarang.

Selain wahana permainan, Water Blaster juga memiliki fasilitas untuk gathering maupun wedding yang mampu menampung tamu mulai 300 orang hingga 5.000 orang, dengan lahan parkir yang mampu menampung 200 bus besar. Selain itu, manajemen Water Blaster juga menyiapkan pelatih untuk outbound.

‘’Dengan lokasi perbukitan Semarang, akses yang sangat mudah, kami juga sering memberikan promo melalui katalog voucher, tiket kejutan, maupun kerja sama dengan Alfamart, Bluebird, BPJS Kesehatan, maupun Traveloka,’’ katanya.

Edukasi kepada dunia pendidikan khususnya wisata pendidikan dasar juga diberikan dengan dibukanya wahana edukasi apotek hidup. Para pengunjung yang biasanya anak TK, SD, maupun SMP, akan mengetahui beragam tanaman obat yang menjadi koleksi.

Bahkan, mereka juga dapat menamam dengan bibit yang telah disediakan. Edukasi lainnya, siswa dapat belajar wisata memasak (cooking class). ‘’Untuk anak-anak, kita juga sediakan paket birthday kids dengan harga mulai Rp 65.000.

Paket wedding mulai Rp 15 juta tidak termasuk dekorasi dan entertainment. Juga ada safety team, asuransi, guide, ambulance, maupun tenaga medis ketika terjadi accident,’’paparnya. Yang tak kalah seru, pihaknya juga memberikan venue yang sedang ngetren saat ini, yakni tempat selfie dengan membuat patung transformer, hulk, spongebob, dan dinosaurus. Untuk pengunjung keluarga atau rombongan komunitas hobi yang ingin menggelar acara, Water Blaster memberikan potongan harga khusus.

Wahana Air : Beragam wahana air bisa dieksplorasi oleh pengunjung di Water Blaster, Jalan Bukit Candi Golf No 1 Jangli, Tembalang.
Wahana Air : Beragam wahana air bisa dieksplorasi oleh pengunjung di Water Blaster, Jalan Bukit Candi Golf No 1 Jangli, Tembalang.

Berperahu di Wisata Maerokoco

Destinasi wisata air lainnya adalah Grand Maerokoco. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati perahu motor dan sampan. Perahu-perahu yang disediakan akan mengajak pengunjung mengitari perairan berbasis mangrove di area Grand Maerokoco atau miniatur Jawa Tengah. Ada pemandangan wisata lain yang bisa dinikmati pengunjung, seperti ikan-ikan bandeng yang dapat meloncat ke atas layaknya pertunjukan lumba-lumba.

Direktur Utama PT PRPP, Titah Listyorini mengatakan, sejak rebranding dari Puri Maerokoco menjadi Grand Maerokoco, jumlah pengunjung semakin meningkat. Tahun lalu, dalam setahun ada 131.000 pengunjung. Adapun tahun ini, mulai Januari-Juni meningkat menjadi 280.000 pengunjung wisata. Pihaknya menargetkan sampai akhir tahun ini mampu mencapai target 400.000 pengunjung.

”Kami tetap akan melakukan evaluasi, termasuk pembenahan di sejumlah bagian lain. Tren saat ini adalah menciptakan sudut pandang dan dekorasi yang berbasis instagramable,” kata Titah.

Berfoto di Patung : Pengunjung berfoto di patung hulk.
Berfoto di Patung : Pengunjung berfoto di patung hulk.

Taman Lele, Berbasis Mata Air yang Dipenuhi Lele

Kampung Wisata Taman Lele juga dapat menjadi satu objek wisata alam sekaligus taman hiburan keluarga. Lokasi ini seluas lebih dari dua hektare ini memiliki aneka permainan untuk keluarga, baik permainan air seperti becak air, kolam renang, maupun permainan darat. Terdapat juga kebun binatang mini serta penginapan.

Taman yang berada di Jl Walisongo KM 10 ini memang memiliki nama yang cukup unik, Taman Lele. Tempat ini diberi nama Taman Lele, karena pada zaman dulu sebelum dijadikan taman, tempat itu merupakan hutan dengan sumber mata air yang dipenuhi ikan lele.

Kasubbag TU UPTD Kampung Wisata Taman Lele Semarang Lilis Yaniarti menuturkan, sekitar 1932 beberapa warga menemukan sendang yang jernih dan sumber mata air besar. Akan tetapi, di tengah sendang yang di sekelilingnya dipenuhi pohon rindang itu, hidup ribuan ikan lele.

‘’Warga saat itu langsung menyebut tempat ini dengan nama Taman Lele, disusul warga sekitar dan luar daerah yang kemudian datang melihat sendang dengan ribuan ikan lelenya,’’katanya.

Danau Buatan

Para pengunjung wisata bisa juga berkeliling di kebun binatang dan bermain air di kolam renang, duduk santai di taman bermain atau danau buatan. Di dua tempat tersebut, pengunjung bisa menggelar tikar dan menikmati santap siang bersama keluarga.

Layaknya permainan di taman kanak-kanak, taman bermain di Taman Lele memiliki arena permainan yang cukup lengkap. Ayunan dan aneka jenis perosotan disediakan untuk menghibur anak-anak.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di tempat wisata itu, juga tersedia penginapan dengan harga sewa yang cukup murah. Kamar-kamar dihadapkan ke wisata danau buatan. Sebuah gazebo juga disediakan untuk duduk duduk menikmati malam sambil berinternet melalui akses Wifi yang tersedia.

Lilis mengatakan, pada 1932 hingga 1976 objek wisata itu dikelola Pemerintah Kabupaten Kendal. Setelah adanya pemekaran wilayah, taman itu kemudian dikelola Pemerintah Kota Semarang di bawah Dinas Taman Hiburan Rakyat (THR).

Menikmati Wahana: Pengunjung menikmati wahana air di Water Blaster Jalan Bukit Candi Golf No 1 Jangli, Tembalang.
Menikmati Wahana: Pengunjung menikmati wahana air di Water Blaster Jalan Bukit Candi Golf No 1 Jangli, Tembalang.