Di tengah usaha meningkatkan performa Chelsea pada awal musim ini, pelatih Antonio Conte malah diterjang isu tak sedap bakal diganti. Kabarnya, pemilik The Blues, Roman Abramovich, punya rencana untuk mendongkel posisi Conte sebagai pelatih. Sebagai kandidat pengganti Conte, dia menyiapkan pelatih asal Jerman, Thomas Tuchel.

Hubungan Conte dengan manajemen Chelsea saat ini kurang harmonis. Sudah bukan rahasia, pelatih Italia itu tak puas dengan aktivitas transfer The Blues Chelsea. Beberapa kali Conte mengeluhkan hal tersebut.

Abramovich pun dikabarkan mulai kesal dengan sikap Conte. Apalagi, dalam Community Shield mereka kalah adu penalti dari Arsenal. Setelah itu, tim asal London ini mengawali Premier League 2017/2018 dengan kekalahan 2-3 ketika menjamu Burnley.

The Blues baru meraih kemenangan di partai kedua ketika Chelsea menghadapi Tottenham Hotspur dengan skor 2-1. Hasil Conte ini dinilai kurang memuaskan pihak manajemen.

Kemungkinan Diganti

Media Jerman, Bild, menyatakan pembahasan masa depan Conte akan diganti sudah masuk ke jajaran direksi. Direktur Chelsea Marina Granovskaia, tangan kanan Roman Abramovich di klub, disebut sudah memutuskan bahwa Tuchel adalah sosok tepat untuk menggantikan Conte di Stamford Bridge. Karena itu, Abramovich langsung mengutus Granovskaia untuk menghubungi Thomas.

Salah satu hal yang membuat Chelsea kepincut untuk diganti dengan Tuchel adalah kemampuannya memoles para pemain muda. Selain itu, sosok 43 tahun tersebut juga lancar berbahasa Inggris. Perkara bahasa ini pula yang membuat The Blues mencoret kandidat lain untuk diganti Tuchel, Luis Enrique, yang musim panas lalu tak memperpanjang kontraknya sebagai pelatih Barcelona. Pria 47 tahun itu disebut tak selancar Tuchel dalam berbahasa Inggris.

Saat ini, Thomas sedang menganggur setelah diganti dan mundur dari pelatih Borussia Dortmund, tiga hari setelah mengantar klub itu menjuarai DFB-Pokal pada 27 Mei 2017. Sebelum pengunduran diri itu, hubungan Thomas dengan Dortmund sudah tak harmonis setelah serangan bom ke bus tim menjelang partai perempat final lawan AS Monaco.

Tuchel mengklaim pihak klub tidak berkonsultasi kepada dirinya dan para pemain terkait keputusan memainkan pertandingan satu hari setelah serangan itu.